Artikel Kesehatan Nasional Pendidikan Tokoh 

Makan Enak Tetap Sehat (METS) di Hari Raya Idul Fitri.

Share it

Selimbur Bengkulu (11/04/2024)._ Makanan khas Lebaran, mulai dari menu utama ketupat sayur, opor ayam, rendang, sop tulung, malbi juga sambal goreng merupakan beberapa makanan khas Lebaran yang populer tersedia.

Beberapa makanan camilan seperti lapis legit, maksuba, engkak, dodol ditambah kue nastar, putri salju, semprit sangat banyak tersedia disetiap rumah. Sah-sah saja untuk kita nikmati.

Berbagai hidangan Lebaran yang ada di meja rasanya sulit untuk kita hindari dan ditolak, selain karena rasanya lezat, juga menjadi momen kumpul keluarga besar setiap satu tahun sekali makan bersama.

Seringkali kita lupa dan hilap menyantap hidangan Lebaran yang sebagian besar memiliki Gula, Garam, Lemak (GGL) dan kalori tinggi. Konsumsi berlebihan, makanan tersebut bisa mendatangkan berbagai masalah kesehatan mulai dari sembelit, meningkatnya tekanan darah, kolesterol hingga kenaikan berat badan.

Hendaklah kita harus memperhatikan batasan dalam mengkonsumsinya, penting untuk di seimbangi dengan makanan sehat.

Menurut pakar Gizi Klinis Dr.Emy Yuliantini, SKM.MPH ( Ketua Persatuan Ahli Gizi Prov.Bengkulu).

Berikut tips  ” Menikmati makanan tetap Sehat Hari Raya Idul Fitri” :

1. Menikmati makanan manis secukupnya. Kudapan manis sebaiknya konsumsinya dibatasi, Menyantap makanan manis terlalu banyak bisa membuat perut terasa penuh, mual dan lemas dan dapat membuat lonjakan kadar gula dalam darah.

2. Makan dengan Gizi Lengkap. Jika sudah makan opor ayam, rendang dan ketupat, maka dibutuhkan juga kebutuhan nutrisi lainnya seperti sayur dan buah-buahan. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap akan membuat tubuh berenergi seharian.

3. Tambah konsumsi sayur buah.Setelah menyantap hidangan khas Lebaran, kita dapat imbangi dengan makan salad, sayur, lalapan atau sup isi berbagai sayuran dan buah-buahan segar.

4. Makanan yang tinggi kolesterol, diimbangi dengan Makanan tinggi serat larut untuk membantu mencegah saluran pencernaan menyerap kolesterol.

5. Makan Ikan yang Tinggi Asam Lemak Omega-3. Asam lemak yang satu ini tidak akan menurunkan tingkat LDL di dalam darah, melainkan dapat membantu meningkatkan tingkat HDL. Ikan yang merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik termasuk salmon, tuna (kalengan atau segar), dan makarel. Usahakan makan ikan-ikan tersebut sebanyak dua kali dalam seminggu.

6. Membatasi jumlah natrium (garam) dalam masakan atau sudah ada dalam produk makanan.Membatasi garam memang tidak akan menurunkan kolesterol, tetapi dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah.

7. Kurangi Minum-minuman bersoda, karbonasi dan Beralkohol.Meminum ini menambah kalori ekstra, yang dapat menyebabkan meningkatkan tingkat LDL. juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung karena dapat meningkatkan tekanan darah dan trigliserida.

8. Lakukan aktivitas fisik
Jalan-jalan saat pagi atau sore hari akan menghindarkan dari rasa kenyang karena mencerna makanan.Selain itu, jalan-jalan juga dapat membakar kalori yang Anda dapatkan dari hidangan hari raya.

Mari jaga Makan Enak Tetap sehat di hari Raya Idul Fitri.
(Pewarta: Rais Akbar Syahputra, S.Farm)

Related posts

Leave a Comment