Daerah Kepahiang Kriminal 

Mobil Wuling Tabrak Lari Pemotor di Bengkulu, Ini Ancaman Hukumannya

Share it
Detik-detik mobil tabrak pemotor di Tebet Monok, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Video diunggah pada Kamis 9 Mei 2024,” demikian tulis akun Instagram @memomedsos, dikutip Jumat (10/5).(foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Kepahiang, Selimburcaya.com – Sejak kemarin, publik dihebohkan video amatir yang menunjukkan mobil blind van putih kabur usai menabrak pemotor wanita di Tebat Monok, Kapahiang, Bengkulu. Lantas apa ancaman hukuman untuk si pelaku?.
Sebagai catatan, tayangan singkat yang menunjukkan mobil blind van putih melakukan aksi tabrak lari tersebut dibagikan akun Instagram @memomedsos. Mulanya, motor yang ditumpangi pengendara dan penumpang wanita itu melaju pelan di jalur semestinya.

Namun, ketika hendak berbelok, blind van putih tersebut melaju kencang dari arah kanan dan menghantam korban hingga terpelanting. Parahnya, pengemudi mobil tak berhenti atau turun dari kendaraan. Dia justru melanjutkan perjalanan seakan-akan tak terjadi apa-apa.

“Detik-detik mobil tabrak pemotor di Tebet Monok, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Video diunggah pada Kamis 9 Mei 2024,” demikian tulis akun Instagram @memomedsos, dikutip Jumat (10/5).

Pengamat transportasi dan hukum Budiyanto menjelaskan, dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), kecelakaan dengan modus tabrak lari dikelompokkan dalam pasal 316 atau tindak kejahatan.

Sedangkan ketentuan pidana dalam kasus tabrak lari dapat dikenakan Pasal 312 Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang LLAJ dengan ancaman penjara paling lama tiga tahun atau denda paling banyak Rp 75 juta.

Namun, pelaku tabrak lari bisa saja dikenakan sanksi lebih berat. Menurut mantan Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya itu, perbuatan tersebut bisa dikenakan pasal berlapis.

“Pasal 312 dapat dikenakan sebagai sanksi pemberat dapat Yuntokan atau dikenakan pasal berlapis sesuai ketentuan Pidana yang diatur salam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tergantung dari akibat yang ditimbulkan dari kecelakaan tersebut,” ujar Budiyanto kepada Selimburcaya.com.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Related posts

Leave a Comment