Daerah Rejang Lebong 

Lomba Kreasi Nasi Ibet Meriahkan Hut Kota Curup Ke 144

Share it
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup ke-144 tahun 2024, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong menggelar Lomba Kreasi Nasi Ibet di Lapangan Dwi Tunggal Curup, Jum’at, (10/05/2024) (foto:Yudi/Selimburcaya.com)

Rejang Lebong, Selimburcaya.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup ke-144 tahun 2024, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong menggelar Lomba Kreasi Nasi Ibet.

Lomba yang dilaksanakan di panggung utama HUT Kota Curup, Lapangan Dwi Tunggal Curup, Jum’at, (10/5) pagi itu dibuka langsung oleh Kepala Disdikbud Kab. Rejang Lebong, Drs. Novrianto, MM.

Untuk diketahui IBET adalah nasi yang di bungkus dengan daun pisang biasanya nasi tersebut lengkap dengan lauk pauknya (atau dengan kata lain IBET adalah bekal yang biasa di bawa masyarakat jika mau bepergian / pergi kekebun).

Bisa dikatakan ibet nasi bungkus yang di bungkus dengan daun pisang. Dalam bahasa rejang ibet artinya bungkus (kata kerja), tapi pembungkus yang di gunakan biasanya daun.

Di dalam PUNJUNG, IBET hanya terdiri dari nasi ketan kuning saja yang yang dibungkus dengan daun pisang dan diletakkan didalam satu wadah punjung tadi. Punjung pun ada yang dinamakan dengan PUNJUNG MASAK (Bahannya sudah di masak) dan PUNJUNG MENTAH (Bahan-bahan mentah dari punjung itu sendiri).

“Nasi Ibet ini merupakan salah satu kebudayaan rejang yang memang sudah lama belum diingatkan kembali,” ujar Novrianto.

“Nasi Ibet ini salah satu ciri khas konsumsi yang ada di tanah rejang,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Novrianto juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam terselenggaranya lomba ini.

“Kami sampaikan ucapkan terimakasih kepada seluruh panitia, dewan juri dan para peserta yang telah ikut ambil bagian dalam memeriahkan lomba Nasi Ibet ini,” katanya.

Lomba Kreasi Nasi Ibet ini diikuti oleh para peserta lomba dari Dinas/Instansi dan umum dengan lima kriteria penilaian seperti ketetapan kemasan, cita rasa, ketepatan penggunaan bahan, kreasi dan kebersihan.

Adapun juri pada lomba Kreasi Nasi Ibet ini terdiri dari tiga juri yakni juri pertama Husnul Khatima yang merupakan anggota TP-PKK Kab. Lebong, juri kedua Jamilah Gajah Mada dan juri ketiga Sakut Junaidi.

Pewarta : Yudi

Editor: Ardy

Related posts

Leave a Comment