Daerah Rejang Lebong Wisata 

tiga doktor dehasen dampingi desa belitar seberang

Share it

 

Rejang Lebong, Sc – Tiga doktor Universitas Dehasen Bengkulu turun mendampingi Desa Belitar Seberang,Sindang Kelingi.Ketiga doctor itu adalah,Dr.Mimpira Haryono,Dr. Lidya Margareta dan Dr. Citra Dewi, MPd.

“Sejak tahun 2022 kita bertiga sudah mendampingi Desa Belitar Seberang.Tepatnya saat menjelang penilaian lomba desa wisata tingkat nasional. Berkat kerjasama dan dukungan seluruh pihak terkait, hasilnya, Belitar Seberang mampu masuk 50 besar desa wisata nasional 2002,” jelas Dr.Mimpira Haryono disela-sela menyaksikan rangkaian Festival Bhumi Belirang yang dibuka Bupati Rejang Lebong H. Syamsul Effendi, MM, Sabtu,(25/11).

Dikatakan, pendamping yang dilakukan para dosen Universitas Dehasen itu merupakan bagian dari pengabdian masyarakat Universitas Dehasen.

Dalam pendampingan itu lanjut Mimpira, para dosen Dehasen telah membantu penguatan system laporan keuangan BUMDes Desa Belitar Seberang. Penguatan struktur BUMDes. Sehingga,BUMDes sebagai motor penggerak rode perekonomian desa mampu berperan aktif dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa.

“Bahkan kita juga telah membantu pembuatan gapuran desa. Melalui pendampingan ini, prestasi dan pengembangan wisata Desa Belitar Seberang diharapkan dapat terus tumbuh,” ujar Mimpira.

Pertumbuhan ekonomi masyarakat des aitu terlihat dari pergerakan produk produk UMKM. Mulai dari pengolahan gula aren menjadi gula semut. Juga pengolahan kopi hasil panen petani. Termasuk produk olahan makanan ringan yang dikembangkan masyarakat.

“Kita bukan hanya mendampingi Desa Belitar Seberang saja. Tapi, jika ada desa lain yang ingin mendapatkan pendampingan silahkan ajukan permohonan ke Dehasen. Insya’allah, akan kita sambut dengan baik,” demikian Mimpira mengakhiri.(MC Rejang Lebong)

Related posts

Leave a Comment