Nasional Peristiwa 

Sedang Nyenyak Tidur! Gempa Bumi 7,0 SR Landa Kepulauan Mentawai Sumatera Barat dan Berpotensi Tsunami

Share it
     Foto Peta lokasi Gempa dan Wilayah yang akan terdampak Tsunami tanggal 25/4/2023.(Sumber foto : BMKG)

Bengkulu – Sc.Berdasarkan situs resmi Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (25/4/2023) melaporkan, telah terjadi gempa dengan kekuatan 7,0 Sekala Richter (SR).Gempa tersebut memunculkan juga  peringatan dini tsunami untuk wilayah Sumatra Utara (Sumut).

Adapun, gempa terjadi pada 25 April 2023 pukul 03.00.59 WIB. Pusat gempa berada di 147 km Barat Daya AGAM-SUMBAR, Sumatra Barat. Lokasi tepatnya berada di 0.72 Lintang Selatan (LS), 98.77 Bujur Timur (BT). Kedalaman gempa mencapai 10 km. “Potensi tsunami untuk diteruskan pada masyarakat,” tulis BMKG Daerah yang berpotensi terkena tsunami berdasarkan pemodelan yakni Nias – Selatan Pulau Tanabala dengan status Waspada.

Gempa 7,O Sekala Richter Terasa hingga Padang dan Pekanbaru. Daerah yang Berpotensi Tsunami Sumatra Utara Artinya, pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang juga berada pada status “Waspada” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

BMKG mengimbau agar masyarakat mengikuti arahan peringatan dini tsunami dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).(Roby)

Related posts

Leave a Comment