metropolis Pendidikan 

Bedah Buku Biografi Fatmawati Karya Gubernur, Memperkuat Pesan Moral

Share it

Bengkulu, sc – Wujud kecintaan dan kebanggaan terhadap semangat perjuangan Ibu Agung Fatmawati Soekarno sebagai Putri Bumi Rafflesia, Penjahit Sang Saka Merah Putih yang telah banyak mewarnai proses perjuangan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menulis ‘Biography Fatmawati Soekarno, Merajut Merah Putih dari Bengkulu untuk Kemerdekaan Indonesia dalam Perspektif Sosio-Legal’ bersama salah seorang penulis A. Muhammad Asrun.

Buku yang menceritakan sekelumit perjalan hidup dan perjuangan Ibu Agung Fatmawati Soekarno ini, diketahui telah diterbitkan pada Akhir 2021 yang lalu.

Atas diterbitkannya buku ini, salah seorang Sejarawan Nasional JJ Rizal menyampaikan apresiasi tinggi kepada Gubernur Rohidin sebagai pemrakarsa lahirnya buku tersebut.

Dikatakan Sejarawan JJ Rizal, masyarakat Bengkulu pantas berbangga memiliki Pahlawan Nasional Ibu Agung Fatmawati Soekarno, karena Fatmawati Soekarno merupakan salah satu prototipe orang pertama Indonesia.

“Jadi kalau mau belajar jadi orang Indonesia ya belajar dari Ibu Fat, karena dia bukan hanya membuat kita bisa kenal Bengkulu sebagai bagian dari Indonesia, tapi juga tentang prinsip-prinsip keindonesiaan dari putri Bengkulu,” jelasnya usai menjadi salah satu narasumber pada Bedah Buku ‘Biography Fatmawati Soekarno, Merajut Merah Putih dari Bengkulu Untuk Kemerdekaan Indonesia Dari Perspektif Sosio Legal’, di Balai Raya Semarak Bengkulu, Senin (05/09).

Lanjut intelektual publik JJ Rizal yang aktif menyikapi persoalan-persoalan di tengah masyarakat melalui tulisan-tulisannya ini, siapa yang mau belajar jadi orang Indonesia, tanpa ‘nyembur’ ke samuderanya Ibu Fatmawati, tidak akan pernah menjadi orang Indonesia.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sebagai penulis mengatakan, dengan bedah buku bersama Effendi Ghazali, JJ Rizal, Iwel Sastra dan A. Muhammad Asrun, semakin memperkuat pesan moral dan ruh buku tentang Ibu Agung Fatmawati.

Related posts

Leave a Comment