Artikel Pendidikan Provinsi 

Haji Akbar Dan Pahala Qurban

Share it

Selimbur-Bengkulu, Tiga hari lagi, tepatnya Jum’at, 08 Juli 2022 bertepatan dengan tanggal 09 Dzulhijah 1443 H.Ummat Islam diseluruh dunia sudah berkumpul di kota suci Mekkah untuk melaksanakan wukuf di Padang  Arafah.Wukuf ini merupakan rangkaian puncak ibadah Haji  setelah melakukan kegiatan wajib haji lainnya.

Jemaah Haji tahun ini akan mendapatkan Wukuf bertepatan dengan hari Jumat tanggal 09 Dzulhijah 1443 H.Yang mana menurut Rasulullah SAW Haji ini disebut Haji Akbar.

Selain melaksanakan ibadah haji, kaum muslimin dan muslimat yang belum sempat melaksanakan ibadah haji di Sunah kan berpuasa Arafah dan menyembelih hewan qurban.

Sebagaimana bunyi hadis Rasulullah SAW “Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada Hari Raya Qurban yang lebih dicintai Allah selain menyembelih hewan qurban.

Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu, dan kuku-kukunya. Sesungguhnya sebelum darah qurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Maka tenangkan lah jiwa dengan berqurban.” (HR Tirmidzi).

Ibadah Qurban ini hukumnya Sunnah Muakkad. Maksudnya adalah ibadah sunnah yang mendekati wajib. Terlebih bagi beberapa ulama bahwa Qurban ini wajib bagi orang-orang yang dirasa mampu melakukannya. Ini menjelaskan bahwa Qurban bisa meningkatkan pengorbanan dalam menenangkan jiwa kita.

Ini menjadi kesempatan besar bagi para Pejuang Kebaikan bagi yang sama sekali belum pernah melakukan qurban. Kapan lagi, hanya setahun sekali tapi akan mendapatkan berlipat kebahagiaan dan pahala.(Ardiansyah)

Related posts

Leave a Comment