Bengkulu Utara Kriminal 

Berkas Tuntutan Tersangka Pencuri Burung Untuk Beli Susu Anak Dihentikan Jaksa

Share it

Bengkulu Utara, Selimbucaya.Com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, menghentikan penuntutan berdasarkan keadilan restoratif (restorative justice), terhadap tersangka Jacky Fransisco (22 Tahun) yang menjadi tersangka Pasal 363 ayat 1 (satu ) ke 3 dan ke 5, tentang pencurian dengan pemberatan.

Kepala Seksi Penerang dan Hukum (Kasi Penkum), Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu, Ristianti Andriani,SH,MH mengatakan, sebelum proses restorative justice disetujui Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, telah dilakukan upaya mediasi/perdamaian, antara pihak korban dan tersangka Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kejari Bengkulu Utara

Ristianti-red

“Upaya mediasi di Kejaksaan Bengkulu Utara, diihadiri oleh penyidik, penasehat hukum, tokoh masyarakat, istri korban dan istri tersangka,” kata Ristianti, Jumat 22 April 2022.

Hasil dari mediasi tersebut, kata Ristianti, telah tercapai satu kesepakatan perdamaian antara korban dan tersangka, tanpa syarat apapun dan kesepakatan tersebut tanpa adanya unsur paksaan tekanan dan penipuan dari pihak manapun.

Lanjut Ristianti, tersangka tidak pernah terlibat tindak pidana dan tersangka merupakan tulang punggung keluarga yang mempunyai anak berumur 7 bulan.

“Tersangka tidak memiliki pekerjaan tetap dan alasan tersangka mencuri burung love bird beserta sangkar dikarenakan kebutuhannya untuk membeli susu anaknya,” jelas Ristianti.Ristianti mengulas, kejadian itu bermula dari istri tersangka minta dibelikan susu untuk anak, selanjutnya tersangka pergi menuju ke alun–alun Kota Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara.Tujuannya, kata Ristianti, ingin mencari teman tersangka untuk menceritakan permasalahannya. Tiba di alun-alun, tersangka tidak bertemu dengan teman–teman tersangka.Selanjutnya, terang Ristianti, ketika ingin pulang ke rumah, tersangka melewati rumah saksi Devi Rosiyadi, dan muncul niat tersangka untuk mengambil burung love bird yang tergantung.Kemudian, kata Ristianti, tersangka memanjat tembok dan masuk mendekati ke belakang dapur rumah saksi Devi Rosiyadi.

Ketika sampai di belakang rumah saksi Devi Rosiyadi, tersebut ada 1 ekor burung love bird jenis rasta warna hijau, dan 3 kandang burung, tersangka mengambil 1 ekor burung love bird dan 2 kendang burung.

“Mencuri burung love bird dan dua kandang seharga Rp500 ribu, sebenarnya harga burung itu Rp120 ribu ditambah 2 kandang belum sempat dijual tertangkap,” pungkas Ristianti. (Gus)

Related posts

Leave a Comment