Bengkulu Utara Daerah islam pemerintah 

Lomba MTQ Tingkat Provinsi Bengkulu Ke-36 Resmi Ditutup, Kota Bengkulu Raih Prestasi Gemilang

Share it
Rangkaian pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Bengkulu Ke-36 yang berlangsung di Kabupaten Bengkulu Utara resmi ditutup pada Minggu malam (09/06/2024).(foto:Robi/Selimburcaya.com).

Bengkulu Utara, Selimburcaya.com – Rangkaian pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Bengkulu Ke-36 yang berlangsung di Kabupaten Bengkulu Utara resmi ditutup pada Minggu malam (9/6/2024). Dari total 402 peserta yang mengikuti 9 cabang perlombaan, perwakilan dari Kota Bengkulu berhasil meraih 8 medali emas dengan skor total 40.

Kota Bengkulu menempati posisi kedua dalam klasemen keseluruhan dengan total 70 poin, berada di belakang tuan rumah Kabupaten Bengkulu Utara yang menjadi juara umum dengan total 179 poin. Selain 8 medali emas, peserta dari Kota Bengkulu juga berhasil mengumpulkan 8 medali perak dengan skor 24 dan 6 medali perunggu dengan skor 6.

“Alhamdulillah, kita (Kota Bengkulu) mendapat 8 emas, 8 perak, dan 6 perunggu. Tentu kita bangga karena ini prestasi yang berhasil diraih oleh peserta dari Kota Bengkulu yang telah tampil maksimal selama pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Bengkulu Ke-36 tahun ini,” ujar Pj Walikota Arif Gunadi yang hadir langsung pada acara malam puncak penutupan MTQ.

Turut hadir mendampingi Pj Walikota malam itu Pj Sekda Eka Rika Rino, Asisten I Eko Agusrianto, serta staf ahli walikota iMade Wardana dan Tony Elfian, serta Kabag Kesra Eka Suniarti.

Kabag Kesra Eka Suniarti mengungkapkan bahwa salah satu peserta dari Kota Bengkulu, M. Wahyudi Hosen, juga dinobatkan sebagai Qori terbaik dalam kategori tilawah dewasa.

“Tilawah dewasa dari Kota Bengkulu menjadi Qori terbaik atas nama M. Wahyudi Hosen dan ditunjuk sebagai Qori yang membacakan ayat suci Alquran pada saat penutupan,” jelas Eka.

Eka menambahkan, prestasi ini merupakan peningkatan dari MTQ ke-35 di Kabupaten Kaur di mana Kota Bengkulu meraih juara ketiga. “Saat Kaur jadi tuan rumah MTQ, kita dapat juara III, sekarang juara II. Target kita di MTQ selanjutnya yang akan digelar di Kabupaten Seluma bisa mendapat juara umum,” tambahnya.

Malam puncak MTQ ke-36 ditutup secara resmi oleh Asisten I Pemda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar. Pada malam itu, Ketua Dewan Hakim Abdullah Munir membacakan keputusan resmi Dewan Hakim tentang para pemenang di setiap kategori.

Berikut adalah daftar juara yang berhasil diraih oleh peserta dari Kota Bengkulu:

Juara I (emas)
– Tilawah anak putri
– Tilawah anak putra
– Tilawah remaja putri
– Tilawah remaja putra
– Tilawah dewasa putra
– Qiraat mujawwad putri
– 1 juz tilawah putri
– Khotil kontemporer putri

Juara II (perak)
– Khot naskah putri
– Hadits 50 juz tanpa sanad
– KTIQ putra
– KTIQ putri
– Syarhil putri
– Hifzil 20 juz putra
– Hifzil 5 juz tilawah
– Haifzil 1 juz tilawah putra

Juara III (perunggu)
– Qiraat murattal dewasa putra
– Tafsir bahasa Inggris putra
– Hifzil 5 juz tilawah putri
– Hifzil 20 juz putri
– Khot naskah putra
– Hadits 100 hadits dengan sanad

Dari hasil rangkuman juara di setiap kategori, Kabupaten Bengkulu Utara keluar sebagai juara umum dengan total poin 179 dan perolehan 140 medali. Kota Bengkulu diikuti dengan 70 poin dan perolehan 40 medali, disusul oleh Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Selatan, Kaur, Rejang Lebong, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Lebong, dan Kabupaten Seluma.

Penutupan MTQ ke-36 ini menandai suksesnya acara yang telah mempersatukan dan memperlihatkan bakat serta kemampuan terbaik para peserta dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu.

Pewarta : Robi

Editor : Ardy

Related posts

Leave a Comment