Kota Bengkulu metropolis pemerintah 

Pemkot Pasang 150 Rambu Evakuasi Bencana

Share it
Pemasangan 150 Rambu-Rambu evakuasi Bencana di beberapa kelurahan di Kota Bengkulu(16/05/2024)(foto:Yudi/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu telah memasang 150rambu-rambu evakuasi bencana dibeberapa kelurahan di Kota Bengkulu guna mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi.

Untuk pemasangan tahun 2024, BPBD masih menunggu informasi dari Pemerintah Pusat.

Dipasangnya rambu ini untuk memberikan petunjuk ke masyarakat jalur evakuasi dan titik kumpul yang paling aman ketika terjadi bencana tsunami. Sebab, potensi bencana itu memang ada di pantai panjang.

Dikatakan Kalaksa BPBD Kota Bengkulu Willhopi, Kamis (16/5). Rambu-rambu tersebut dapat mengantisipasi terjadinya bencana di Kota Bengkulu khususnya kelurahan yang rawan bencana seperti tsunami, gempa bumi, banjir hingga longsor.

Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait informasi yang berkaitan dengan jalur evakuasi.

“Penentuan titiknya kita juga bekerja sama dengan BMKG, setiap kawasan dibuat tiga sampai empat titik kumpul. Jadi sudah tahu ke mana arah menyelamatkan diri maupun keluarga saat terjadi bencana,” ujar Will.

Kemudian, pihaknya juga memasang papan peta evakuasi bencana yang berfungsi untuk memberikan informasi secara mendetail kepada masyarakat, seperti potensi dan dampak bencana, antisipasi, kesiapan dan penentuan titik aman.

“Peta evakuasi ini ada informasi yang bisa dengan mudah dibaca dan dipahami masyarakat. Sehingga, bisa meningkatkan waspada. Dengan adanya pemahaman itu, maka diharapkan masyarakat tidak panik dan melakukan langkah yang efektif ketika terjadi bencana,” tambahnya.

Selanjutnya, BPBD juga telah membentuk relawan siaga bencana yang tersebar di setiap kelurahan yang bertugas untuk membantu tim BPBD dalam memberikan reaksi cepat kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Berkenaan dengan hal ini juga, BPBD memastikan ketersediaan buffer stock seperti bantuan pangan, logistik, tenda pengungsian, dan lain-lain yang dibutuhkan dalam proses evakuasi pasca bencana.

Pewarta : Yudi

Editor : Ardy

Related posts

Leave a Comment