Budaya Daerah Rejang Lebong 

Meriahkan HUT Kota Curup, Pelangi Rejang Lebong Gelar Mini Festival Layangan Adu

Share it
Mini festival layangan adu yang dilaksanakan di Stadion Air Bang Curup, Minggu, pagi (12/05/2024) (foto:Agus/Selimburcaya.com)

Rejang Lebong, Selimburcaya.com – Perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia (Pelangi) Rejang Lebong menggelar mini festival layangan adu, diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup ke-144 Tahun 2024.

Mini festival layangan adu yang dilaksanakan di Stadion Air Bang Curup, Minggu, (12/5) pagi itu secara resmi dibuka Wakil Bupati Rejang Lebong, Hendra Wahyudiansyah, SH.

Serta didampingi oleh Ketua Kormi RL, Wahyuda Hendika, Ketua Pelangi Rejang Lebong, Wahyu Sujayadi dan dihadiri Kasatpol PP Rejang Lebong dan perwakilan Dispora Rejang Lebong.

Ketua Pelangi Rejang Lebong, Wahyu Sujayadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa mini festival layangan adu ini dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan olahraga rekreasi masyarakat yakni layangan adu dan juga merupakan permainan tradisional yang harus tetap dilestarikan.

“Mini festival layangan adu ini diikuti 64 peserta dari berbagai Kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu dan Jambi,” ucap Wahyu.

Wahyu mengatakan, mini festival layangan adu ini menggunakam sistem gugur untuk memperebutkan uang pembinaan dengan total jutaan rupiah dan doorprize.

“Uang pembinaan dibagi untuk peringkat 1, 2, 3, dan 4 serta doorprize bagi pemain terseru dan tercepat,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong, Hendra Wahyudiansyah, SH menyambut baik dilaksanakannya kegiatan mini festival layangan adu ini.

Wabup menyampaikan bahwa layang adu ini termasuk salah satu olahraga rekreasi, sehingga selain menyehatkan tubuh karena beraktivitas fisik, juga menyegarkan pikiran dan sekaligus melatih untuk aktif berpikir mencari strategi jitu untuk menang.

“Layangan adu ini dapat menjadi media pendidikan budaya tradisional untuk generasi muda, sebab olahraga atau aktivitas bermain,” ucapnya.

“layang-layang adalah kegiatan tradisional yang sudah sejak dulu ada serta digemari anak-anak dan kaum muda,” tambahnya.

“Saya minta kegiatan seperti ini dapat terus diselenggarakan untuk menumbuhkan sportivitas bagi generasi muda dan menjaga kelestariannnya dan juga menjadi ajang silaturahmi bagi para penggiat olahraga tradisional,” pintanya.

Dalam kesempatan yang sama Wabup Hendra berencana untuk mengirim tim layangan adu Rejang Lebong ke FORNAS (Festival Olahraga Masyarakat Nasional) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditahun 2025 mendatang.

“Ditahun 2025 ada Fornas di NTB, Lombok. Saya berpesan kepada Tim Pelangi Rejang Lebong untuk dapat mempersiapkan atlet-atlet terbaiknya untuk mengikuti Fornas cabang layangan adu,” pungkasnya.

Pewarta : Agus

Editor : Ardy

Related posts

Leave a Comment