Artikel Daerah Kampus Kesehatan metropolis Nasional Pemerintah Provinsi Pendidikan 

Tips Menu Makan Sahur, Agar Tetap Sehat dan Bugar

Share it

Bengkulu SC- Umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Makanan yang dikonsumsi saat sahur agar tetap sehat dan bugar foto : redaksi SC

Sahur merupakan salah satu bagian penting yang disunnahkan untuk dilakukan dalam ibadah puasa. Selain mendapatkan pahala, makan sahur juga menjadi salah satu kunci agar kita dapat lebih kuat dalam menjalani puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Aktivitas sahur didukung menu makanan sahur merupakan salah satu hal yang penting untuk kita perhatikan. karena dengan mengkonsumsi menu yang bergizi seimbang, akan membuat tubuh tetap sehat dan terpenuhi berbagai kebutuhan penting lainnya.

Sumber karbohidrat dan protein yang dikonsumsi selama sahur(foto :redaksi SC)

Menu Makan Sahur agar tetap sehat dan bugar:

Komposisi makan saat berpuasa sebaiknya saat Sahur adalah 40 % yang terdiri dari 30 % makan utama dan 10 % makan kecil. Saat berbuka puasa 50% saat dengan komposisi 10 % Makan manis, 30 % Makan utama, dan 10 % makan kecil; serta 10 % makan kecil setelah salat Tarawih.

Jadi, pola makan saat puasa perlu disesuaikan dengan perubahan frekuensi makan. Jumlah makanan saat puasa disesuaikan dengan kondisi diri.

Komposisi makanan harus seimbang, cairan harus tercukupi, dan pemilihan jenis dan suhu minuman juga harus sesuai

Disampakan Dr.Emy Yuliantini,SKM.MPH,  berikut tips sehat makan sahur selama bulan ramadhan agar tubuh tetap bugar, diantaranya adalah :

1.Memilih dan mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum dan oat dan protein yang tepat dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi saat sahur, akan membuat perut menjadi kenyang lebih lama.

2.Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin harian. Kandungan serat di dalam sayur dan buah sangatlah bermanfaat, mulai dari melancarkan pencernaan sampai membuat rasa kenyang yang lama dalam tubuh. Saat ibadah puasa, sistem imun sangat berpengaruh pada kesehatan dan kondisi tubuh. Ketika sahur, pilihlah buah yang tinggi serat dan airnya sehingga tubuh memiliki cadangan yang banyak yang akan membuat puasa seharian menjadi lebih kuat

3.Mengkonsumsi air/cairan yang cukup. Komposisi cairan dalam tubuh harus dapat dipertahankan karena digunakan untuk mempertahankan keseimbangan cairan, elektrolit, pH serta suhu yang konstan agar tubuh dapat berfungsi secara optimal. Asupan air dari minuman dan makanan dalam tubuh pada keadaan normal sebesar 2100 ml/hari. Kebutuhan cairan saat puasa dapat terpenuhi dengan meminum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 4 gelas sehabis tarawih sampai sebelum tidur.

4.Perbanyak mengkonsumsi protein untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh dan meningkatkan imun tubuh.

Dengan mengkonsumsi menu-menu diatas, diharapkan kita semua mampu menjalani puasa.di bulan ramadhan ini, sehingga kesehatan dapat terus terjaga dan ibadah dapat terus berjalan dengan lancar dan penuh khidmat selama berpuasa.(Pewarta: Ardy)

Related posts

Leave a Comment