Bengkulu Selatan Budaya Daerah Ragam Seluma 

Lestarikan Tradisi, Seluma Siap Gelar Festival Malam Nujuh Likur

Share it
ilustrasi : Tradisi malam nujuh likur, Seluma. (foto : google)

Seluma, sc – Untuk melestarikan tradisi adat dan budaya, Camat Seluma Barat Poniman, SE berkoordinasi dengan seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Seluma Barat untuk mempersiapkan “Festival Malam Nujuh Likur Kampung Ramadhan”.

” Ini merupakan tindaklanjut dari rapat bersama OPD, Baznas dan MUI Kabupaten Seluma pada Senin kemarin,” terang Poniman,Rabu (5/4/2023) di Kantornya.

Ia menjelaskan, Tradisi 7 likur merupakan tradisi yang dilakukan sejak masa lalu secara turun-temurun oleh masyarakat Kabupaten Seluma setiap bulan Ramadhan. Dengan menyalakan penerangan tradisional terbuat dari tempurung kelapa yang disusun pada kayu/pancang setinggi 1 – 2 meter yang ditempatkan disekitar masjid, diberbagai penjuru jalan, halaman rumah-rumah penduduk dan pada malam ke 27 Ramadhan dibakar.

“Hasil koordinasi ini, setiap rumah warga se-kecamatan Seluma Barat minimal membuat satu Gunung Api dari tempurung di depan rumahnya masing-masing, Kantor Desa minimal 3 serta Kantor Camat Seluma Barat sebanyak 5 gunung api pada malam ramadan ke-26”, pukasnya. (rm)

Related posts

Leave a Comment