Kota Bengkulu metropolis Pemerintah Provinsi Ragam 

Malam Pertama Ramadhan, Gubernur Isi Ceramah Salat Tarawih

Share it
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melaksanakan salat isya dan tarawih malam pertama bulan Ramadan, di Masjid Raya Baitul Izzah, Kelurahan Padang Harapan, Kota Bengkulu, Rabu malam (22/3 (Foto:Morecka/Selimburcaya.com)

Bengkulu, Selimburcaya.com – Menjelang pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1444 hijriah, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melaksanakan salat isya dan tarawih malam pertama bulan Ramadan, di Masjid Raya Baitul Izzah, Kelurahan Padang Harapan, Kota Bengkulu, Rabu malam (22/3).

Pada kesempatan itu, Gubernur Rohidin bertindak sebagai penceramah salat tarawih.

Dalam tausiyah-nya, H. Rohidin Mersyah menyampaikan bahwasanya puasa di bulan suci Ramadan merupakan salah satu rukun Islam dan diwajibkan kepada umat muslim untuk menjalankannya.

Kewajiban umat islam dalam menjalankan ibadah puasa tertulis di dalam Al-Qur’an yang tercantum pada Surah Al-Baqarah ayat 183-184.

“Wahai orang-orang yang beriman diiwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Q.S Al Baqarah: 183),” sebut H. Rohidin.

Adapun makna kita menjalankan perintah puasa tersebut adalah untuk melatih diri menahan hawa nafsu dan perbuatan yang dilarang agama.

Selain itu, kata Rohidin, puasa itu sebagai sarana untuk membersihkan diri, batin dan rohani, sehingga jasmani dan rohani kita menjadi sehat.

Lanjutnya, dengan sehatnya jasmani dan rohani seseorang itu tentu akan kuat melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya.

“Manusia yang paling mulia di sisi Allah itu adalah manusia yang paling bertaqwa, yaitu orang yang sanggup menjalankan perintah Allah dan sanggup menjauhi larangan Allah,” tegasnya.(Mrck)

Related posts

Leave a Comment