Bisnis Kesehatan Provinsi 

LKPP Apresiasi Peluncuran Katalog Elektronik Sektoral Kementerian Kesehatan

Share it

SC Jakarta – Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beserta seluruh jajarannya atas terbentuknya Katalog Elektronik Sektoral Kementerian Kesehatan. Apresiasinya itu, Ia sampaikan pada saat Peluncuran Katalog Elektronik Sektoral Kementerian Kesehatan dilaksanakan secara daring pada Jumat (11/2).

Saat ini untuk beberapa komoditas kesehatan seperti Alat Kesehatan masih tayang pada Katalog Elektronik Nasional, oleh karena itu akan ada masa transisi hingga seluruh komoditas tersebut secara keseluruhan masuk kedalam Katalog Elektronik Sektoral Kementerian Kesehatan.

Pada kesempatannya, Kepala LKPP menyampaikan arahan Presiden Jokowi agar kedepan pengadaan barang/jasa lebih efektif dan efisien, dan salah satu sektor krusial yang perlu penanganan khusus adalah Sektor Kesehatan. “Yang menjadi perhatian Presiden, ke depan semakin banyak produk dalam negeri yang bisa dimanfaatkan oleh kementerian maupun pemerintah daerah, termasuk produk untuk alat kesehatan,” ujar Anas.

Anas juga menyampaikan, kedepan LKPP sedang menyiapkan usulan agar ada tools baru yang bisa dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan, yaitu dana  insentif untuk K/L/PD yang memprioritas belanja pada produk UMK dan Produk Dalam Negeri.

Kementerian Kesehatan telah menyiapkan enam reformasi di sektor Kesehatan yaitu Refomasi Layanan Primer, Reformasi Layanan Sekunder, Reformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Reformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Reformasi Sistem Sumber Daya Manusia Kesehatan, dan Reformasi Sistem Teknologi Kesehatan.  Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa peluncuran Katalog Elektronik Sektoral berkaitan dengan Reformasi Sistem Sumber Daya Manusia Kesehatan dan Reformasi Sistem Ketahanan Kesehatan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada kesempatannya juga menyampaikan tekadnya memperbaiki sistem sumber daya manusia kesehatan termasuk sistem sumber daya manuia di Kementerian Kesehatan. “Dengan adanya sistem katalog sektoral kesehatan ini diharapkan dapat bisa membantu agar untuk kegiatan atau aktivitas pengadaan bisa dilakukan dengan lebih transparan, lebih bertata kelola baik dan lebih mendukung terciptanya sumber daya manusia di Kementrian  Kesehatan yang lebih berintegritas dan professional”. Ungkap Budi.

Peluncuran katalog sektoral kesehatan ini juga dilakukan secara daring dan diikuti oleh Asosiasi Gakeslab dan Asosiasi lain dibidang kesehatan (Red).

Related posts

Leave a Comment