Pemkot Bengkulu Gaungkan Kesadaran Kebersihan Lingkungan dan Tindak Tegas Pembuang Sampah Sembarangan

Share it
Asisten II Pemkot Bengkulu, Sehmi, menyatakan bahwa sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Sampah di Kota Bengkulu, ada sanksi tegas bagi pelanggar.(109/09/2024)(foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, terutama terkait masalah sampah yang kerap menumpuk di tempat-tempat yang tidak semestinya. Imbauan ini disampaikan menyusul maraknya tempat pembuangan sampah (TPS) liar di beberapa titik yang bahkan sampai mengganggu akses jalan.

Pemkot Bengkulu sangat menyayangkan kondisi ini dan kembali menegaskan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga kebersihan Kota Bengkulu. Sebagai tindak lanjut, Pemkot berencana menggiatkan kembali program Operasi Tangkap Tangan (OTT) sampah terhadap masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Asisten II Pemkot Bengkulu, Sehmi, menyatakan bahwa sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Sampah di Kota Bengkulu, ada sanksi tegas bagi pelanggar.

“Sanksi yang diberikan bisa berupa denda hingga ancaman pidana. Pemkot akan melakukan pengawasan lebih ketat terhadap perilaku masyarakat dalam mengelola sampah,” ujar Sehmi.

Berdasarkan laporan yang diterima, masih ada sejumlah oknum masyarakat yang sengaja membuang sampah di malam hari agar tidak ketahuan. Minimnya kesadaran ini menyebabkan banyak lokasi di Kota Bengkulu berubah menjadi TPS liar, di mana sampah menumpuk di area yang tidak seharusnya.

Untuk mengatasi persoalan ini, Pemkot Bengkulu akan kembali memperketat penerapan Perda terkait pengelolaan sampah. Selain itu, pemerintah kota juga telah meminta masyarakat untuk berlangganan layanan pembuangan sampah melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang ada di setiap kelurahan.

“Langkah mengatasi masalah sampah ini harus dimulai dari kesadaran bersama, termasuk dari masyarakat di kelurahan. Kita sudah ada LPM, tinggal bagaimana memaksimalkan peran mereka serta menyadarkan masyarakat yang belum berlangganan layanan pembuangan sampah,” jelas Sehmi.

Edukasi mengenai pengelolaan sampah akan terus digencarkan agar tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman di Kota Bengkulu.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *