Dukling Disdukcapil Bengkulu Sasar SMA 9 untuk Perekaman E-KTP

Share it
program Dukling menyasar Sekolah Menengah Atas (SMA) 9 Kota Bengkulu untuk melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP) bagi para siswa (06/09/2024)(foto:Agus/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Mobil Dukcapil Keliling (Dukling), inovasi unggulan di bidang pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu, terus digalakkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Program ini juga telah diakui sebagai salah satu inovasi yang sukses dalam meningkatkan efisiensi layanan publik.

Pada Jumat (6/9), program Dukling menyasar Sekolah Menengah Atas (SMA) 9 Kota Bengkulu untuk melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP) bagi para siswa. Kepala Disdukcapil Kota Bengkulu, Widodo, menjelaskan bahwa program ini rutin dilakukan setiap tahun, tidak hanya di sekolah-sekolah tetapi juga di tengah masyarakat yang membutuhkan pelayanan perekaman keliling.

“Dalam melaksanakan program rekaman keliling ini, kami selalu bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, termasuk kepala sekolah yang telah kami koordinasikan terlebih dahulu sebelum pelaksanaan perekaman,” ujar Widodo.

Ia menambahkan, percepatan perekaman e-KTP ini merupakan langkah strategis dalam menyambut Pilkada 2024. Dengan demikian, diharapkan seluruh masyarakat, terutama pemilih pemula, dapat menggunakan hak pilihnya pada saat pemilihan nanti.

Widodo juga memastikan bahwa ketersediaan blangko e-KTP untuk pemilih pemula menjelang Pilkada 2024 dalam kondisi aman, sehingga tidak ada kendala dalam proses pencetakan dokumen kependudukan.

Program Dukling ini menjadi solusi praktis bagi masyarakat yang memerlukan akses lebih mudah dalam mendapatkan dokumen kependudukan, sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam memastikan partisipasi politik yang lebih inklusif dan merata.

Pewarta : Agus

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *