Atlet Bengkulu Raih 4 Medali di O2SN 2024, Tunjukkan Peningkatan Signifikan

Share it
Kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Provinsi Bengkulu berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih 4 medali di ajang O2SN 2024 Sabtu (24/08/2024)(foto: Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Provinsi Bengkulu berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih 4 medali di ajang O2SN 2024. Pelaksanaan O2SN yang berlangsung sejak 19 hingga 25 Agustus 2024 di Jakarta ini diikuti oleh atlet-atlet dari seluruh Indonesia, dengan kategori SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ketua Kontingen SMP O2SN Provinsi Bengkulu, Ade Setiawan, pada Sabtu (24/8/2024) menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh para atlet Bengkulu.

“Atlet Bengkulu menyumbangkan 4 medali dari tingkat SD dan SMP. Ini adalah hasil yang sangat membanggakan dan menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkap Ade.

Dalam O2SN tahun ini, total atlet yang berangkat dari Provinsi Bengkulu terdiri dari 6 cabang olahraga untuk tingkat SD, dan 5 cabang olahraga untuk tingkat SMP. Setiap cabang olahraga didampingi oleh satu pendamping dan satu kontingen.

Ade juga menyebutkan bahwa acara penutupan akan dilaksanakan malam ini di Kabupaten Bogor, dan seluruh atlet akan kembali ke Bengkulu pada 25 Agustus 2024. “Rencananya besok seluruh atlet akan pulang ke Bengkulu setelah pelaksanaan penutupan malam ini di Kabupaten Bogor,” ujar Ade.

Adapun 6 cabang olahraga yang diikuti oleh atlet O2SN Bengkulu di antaranya adalah renang, karate, atletik, bulu tangkis, pencak silat, dan senam. Sementara itu, untuk tingkat SMP, Bengkulu hanya mengikuti 5 cabang olahraga, yaitu renang, karate, atletik, bulu tangkis, dan pencak silat.

Perolehan medali Bengkulu pada O2SN 2024 ini terdiri dari:

1. Medali Perak pada cabang olahraga atletik sekaligus meraih juara pertama (peringkat 1) dalam cabang lompat jauh, yang diraih oleh Akbar Ramadhan dari SMP 1 Kepahiang.
2. Medali Perak diraih oleh Florin Shezan Asheeqa dari cabang olahraga renang putri gaya kupu-kupu, dari SMP 2 Kota Bengkulu.
3. Medali Perunggu disumbangkan oleh Queenizza Maulina dari SMPN 16 Kota Bengkulu.
4. Medali Perunggu disumbangkan oleh Firdaus Malik dari SD Negeri 27 Kota Bengkulu.

Ade Setiawan menambahkan bahwa prestasi O2SN tahun ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun 2023, di mana Bengkulu hanya berhasil meraih 1 medali perak dari cabang silat putri kategori tarung.

“Harapannya, pada O2SN 2025, pihak penyelenggara dapat mulai memperbaiki teknis pelaksanaan dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi, dan terus menuju tingkat nasional. Selain itu, perlu ada perhatian dan kepedulian yang lebih dari daerah masing-masing atlet,” tutup Ade.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *