Dukcapil Kota Bengkulu Rekam 5.030 Pemilih Pemula Jelang Pilkada 2024

Share it
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu telah melakukan perekaman data KTP elektronik terhadap 5.030 pemilih pemula sebagai persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024(05/08/2024)(foto:Hafiz/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu telah melakukan perekaman data KTP elektronik terhadap 5.030 pemilih pemula sebagai persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Upaya ini merupakan bagian dari program jemput bola yang gencar dilakukan oleh Dukcapil untuk memastikan seluruh warga, khususnya pemilih pemula, dapat menggunakan hak pilih mereka pada Pilkada nanti.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Widodo, menyatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk memfasilitasi perekaman data KTP elektronik. Perekaman ini tidak hanya menyasar siswa yang berusia 17 tahun, tetapi juga mereka yang saat ini berusia 16 tahun dan akan mencapai usia 17 tahun pada saat Pilkada berlangsung.

“Kami bekerjasama dengan pihak sekolah untuk melakukan perekaman data kartu tanda penduduk (KTP) elektronik. Perekaman tidak hanya dilakukan untuk anak usia 17 tahun tetapi juga usia 16 tahun yang memasuki 17 tahun,” ujar Widodo, Senin (5/8).

Widodo juga menegaskan bahwa persediaan blangko KTP elektronik (e-KTP) untuk pemilih pemula menjelang Pilkada 2024 dalam kondisi aman. “Alhamdulillah, untuk pelaksanaan Pilkada terkait dengan ribbon dan blangko semuanya dinyatakan cukup,” jelasnya.

Selain perekaman e-KTP, Dukcapil juga aktif mendorong penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD), yang sangat diminati oleh kalangan remaja, termasuk pemilih pemula.

Menurut data yang diperoleh dari Dukcapil Provinsi Bengkulu, jumlah pemilih pemula yang terdaftar dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pilkada 2024 mencapai 63.900 orang. Targetnya, seluruh proses perekaman data KTP elektronik untuk pemilih pemula akan selesai sebelum Pilkada yang dijadwalkan berlangsung pada November 2024.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *