Budaya Daerah Kebudayaan pemerintah Rejang Lebong 

Lomba Desai Batik Ka Ga Nga Meriahkan Rangakaian HUT Ke 144 Kota Curup

Share it
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup ke-144, TP-PKK Rejang Lebong menggelar Lomba Mendesain Batik Ka Ga Nga di Panggung Utama Dwi Tunggal, Selasa (21/5).(foto:Hafiz/Selimburcaya.com).

Rejang Lebong, Selimburcaya.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup ke-144, TP-PKK Rejang Lebong menggelar Lomba Mendesain Batik Ka Ga Nga di Panggung Utama Dwi Tunggal, Selasa (21/5).

Ketua panita Lisa Pitrianti, S.ST.,M.KM mengatakan dalam sambutannya, lomba mendesain batik Ka Ga Nga dilaksanakan untuk motivasi masyarakat untuk melestarikan adat istiadat dan budaya Rejang Lebong.

“Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah perwakilan dari kecamatan dan terbuka untuk umum ada sebanyak 8 perwakilan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan busana adat Rejang Lebong, melestarikan baju adat serta menumbuhkan rasa cinta kepada adat istiadat,” ujar Lisa.

Lomba ini dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Ny. Hj. Hartini Syamsul Effendi,S. Sos., M.Si, yang dalam sambutannya mengatakan, busana batik sangat erat kaitannya dengan budaya bangsa Indonesia.

“Demikian juga di Kabupaten Rejang Lebong kita mempunyai batik khas daerah yaitu batik Ka Ga Nga. Kita mempunyai motif batik khas daerah yang tidak dimiliki daerah lain,” ujar Hartini Syamsul.

“Motif yang kita miliki Seperti motif bunga kibut, motif bunga raflesia dan yang selama ini batik Ka Ga Nga belum terpromosikan dengan baik dengan luas. Untuk itu diperlukan sarana yang baik untuk mengenalkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Yaitu salah satunya melalui lomba Ka Ga Nga yang dilaksanakan pada hari ini,” tutupnya.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Related posts

Leave a Comment