Daerah Kota Bengkulu Pemerintah Provinsi provinsi 

Mau Tukar Uang? Yuk di BI Aja!

Share it
Kepala Perwakilan BI Provinsi Bengkulu, Darjana dalam konferensi pers, Senin (10/4/2023). (foto:Soni)

Bengkulu, sc- Menjelang lebaran Idul Fitri banyak ditemui jasa penukaran uang baru di pingggir jalan. Mereka membuka lapak jasa penukaran uang baru dengan biaya administrasi hingga 10 persen.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Bengkulu, Darjana menyampaikan jasa penukaran uang tidak resmi tersebut sangat dilarang. Oknum-oknum tersebut tidak melanggar, tetapi tidak patut juga untuk dilakukan.

“Kita menghindari adanya berkelompok yang menghimpun dana yang besar lalu di jual lagi. Di momen ini kita lebih banyak menyediakan uang pecahan untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarakat berdasarkan kebutuhan transaksi,” terang Darjana saat konfrensi pers, Senin (10/04/2023)

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Tim Perumusan dan Implementasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah BI Bengkulu, Dhita Aditya Nugraha mengungkapkan pihaknya menyediakan 44 titik penukaran secara resmi yang tersebar di seluruh Provinsi Bengkulu ini.

 

Terdiri atas 19 titik di Kota Bengkulu, 6 titik di Bengkulu Selatan, empat titik di Mukomuko, dan 15 titik di Lubuklinggau.

“Lubuk Linggau ini masuk ke wilayah Bengkulu karena suplai uangnya dari Bengkulu, dia lebih dekat dengan Bengkulu. Di samping 44 tersebut, kita juga melakukan khas keliling baik di luar maupun dalam Kota Bengkulu. Bisa melalui Mobil BI, maupun mobil perbankan,” jelas Dhita.

Ia mengonfirmasi, untuk wilayah yang sudah melaksanakan penukaran ini yaitu Seluma, Bengkulu Utara, Rejang Lebong.

Sementara yang untuk tanggal 17 ini ada di Bengkulu. Lalu untuk di dalam Kota di Maret sudah dilaksanakan di Balai Buntar, Stadion semarak Pasar Minggu, Pasar Panorama, Pasar Pagar Dewa, Masjid Jamik, Pasar Baru Koto.

 

“Sementara untuk April ini tanggal 14 di parkiran Bencoolen Mall,lalu ada juga terkait dengan jalur mudik ada di Bandara Fatmawati. Nanti kita akan menggrap Masyarakat yang akan melakukan mudik ke kampung halamannya di tanggal 18 April,” terang Dhita.

Ditambahkannya, pihak BI juga melakukan penukaran uang bekerja sama dengan Perbankan yang akan dilakukan mulai kemarin hingga 2 April di lapangan view tower selama tiga hari, dari tanggal 10 hingga 12 April.

Sementara penukaran di parkiran BI akan dilaksanakan tanggal 17 dan 18 April.

“Mudah-mudahan titik-titik layanan tersebut dan khas keliling bisa memenuhi kebutahan masyarakat untuk melanjutkan di hari raya,” demikian Dhita. (ps)

Related posts

Leave a Comment