Daerah Kesehatan Seluma 

Ayo Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular!

Share it

Seluma, sc- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma melaksanakan kegiatan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) di 4 (empat) titik di Kabupaten Seluma, Jum’at (16/09/2022).

Empat titik tersebut yakni Kelurahan Pajar Bulan, Desa Gunung Mesir Kecamatan Semidang Alas, serta Desa BP1 dan Sumber Arum Kecamatan Sukaraja.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Riduwan, M.KM menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Dinkes Provinsi Bengkulu dan Dinkes Kabupaten Seluma dengan melibatkan Puskesmas, Camat, Pemerintahan Desa dan Para Kader.

“Kegiatan ini sebagai stimulus bagi masyarakat agar dapat dilakukan secara kontinue melalui pelayanan posbindu yang dilakukan oleh Puskesmas Se-kabupaten Seluma setiap bulannya”, ujarnya.

Dijelaskan Riduwan, Deteksi Dini PTM bertujuan untuk mengetahui secara dini faktor resiko penyakit yang diderita oleh setiap warga, agar nantinya bila ditemukan tanda dan gejala penyakit tidak menular dapat dilakukan tatalaksana pelayanan selanjutnya.

“Seperti yang kita ketahui bahwa selama ini penyebab kematian terbesar adalah penyakit menular, namun pada saat ini kematian lebih banyak disebabkan oleh penyakit tidak Menular.

“Untuk itu dihimbau kepada seluruh masyarakat agar memeriksakan kesehatannaya ketempat pelayanan kesehatan secara rutin dan sesegera mungkin”, sampai Riduwan.

Lanjut Riduwan, namun kegiatan kali ini deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM ) terfokus pada Inovasi DEDIKALERAPAVA (Deteksi Dini Penyakit Kanker Leher Rahim dan Payu Dara) yang dilaksanakan IVA Test oleh seluruh Dokter dan bidan terlatih di seluruh wilayah Kabupaten Seluma.

Untuk penanganan awal dinyatakan positif IVA sebelum dirujuk ke spesialis ditangani melalui cariotherapy.

Cariotherapy ini ditunjuk di dua Puskesmas yakni Puskesmas Masmambang untuk wilayah Talo, Semidang Alas dan Semidang Alas Maras, Puskesmas Babatan untuk wilayah Seluma dan Sukaraja,” akhir Riduwan. (mc)

Related posts

Leave a Comment