Bengkulu Utara Muko Muko Provinsi 

Puncak HAD Ke-30 BWSS VII Bengkulu Tanam Pohon di 2 Kabupaten

Share it

Bengkulu Selimbucaya.Com – Puncak peringati Hari Air Dunia (HAD) ke~30 Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VII Bengkulu, melaksanakan tanam bibit pohon sebanyak 1.000 pohon yang terdiri dari bibit pohon buah-buahan, Bambu dan Aren sebagai program penghijauan di Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara.

Ada empat lokasi yang dijadikan sasaran penanaman, yaitu di Bendungan Air Manjunto dan lokasi obyek wisata Danau Nibung untuk lokasi Kabupaten Mukpmuko dan Kabupaten Bengkulu Utara di Air Lais dan Kuro Tidur.

Hal ini dikatakan Kasubag Umum dan Tata Usaha BWSS VII Bengkulu, Decky Agus Prawira, ST, MM ketika dikonfirmasi wartawan Selimburcaya.Com belum lama ini.
Menurut Decky, ada tiga jenis bibit pohon buah-buahan yang ditanam, di antaranya durian, matoa, dan kelengkeng dengan jumlah sekitar 500 batang, sisanya 500 batang lagi bibit pohon bambu dan Aren yang di tanam di empat lokasi tersebut.
“Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ( HAD ) yang puncaknya pada tanggal 22 Maret 2022 , namun di percepat Jadwalnya menjadi tanggal 30 April 2022 lalu dengan jadwal acara kegiatan Puncak Hari Air Dunia ( HAD ) yaitu penanaman pohon buah-buahan di Kabupaten Mukomuko dan kegiatan ini, juga sudah kami lakukan di Bengkulu Utara,” tegas Decky.

Untuk program tanam pohon di wilayah Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara ini, sambungnya, akan terus dilaksanakan dengan agenda-agenda hari besar lain. Bukan hanya agenda Hari Air Dunia( HAD), tetapi Hari besar Perumahan, Hari Bhakti PUPR termasuk program rutin BWSS VII Bengkulu. Selain itu lanjut Decky, BWSS VII Bengkulu terus menggerakkan program penghijauan, lantaran manfaatnya sangat besar sekali. Di antaranya untuk mewujudkan udara yang segar, mencegah terjadinya bencana alam, mengurangi paparan sinar UV, mengurangi dampak perubahan iklim, menjaga populasi makluk hidup, termasuk juga untuk menjaga kestabilan air.

“Dan tidak kalah pentingnya lagi, jika pohon yang sudah ditanam itu sudah berbuah, hasilnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sedangkan untuk pemeliharaan tanaman pihak BWSS VII telah melibatkan komunitas peduli Danau.
Tahun ini Tema Hari Air Dunia (HAD) ” Melestarikan Air Tanah Agar Berkesinambungan (MANTAB)” tambah Decky.

Acara penanaman pohon di ikuti oleh kepala Balai wilayah sungai Sumatera VII Bengkulu, Pejabat struktural, Pejabat inti satuan kerja (PISK) serta pegawai di lingkungan BWS Sumatera VII Bengkulu, IPPU Bengkulu, SKPD Provinsi Bengkulu, Unsur Forkominda Kab.dan Kecamatan Mukpmuko serta komunitas peduli Sungai dan Danau. (Gusmarni)

Related posts

Leave a Comment