Pemerintah Provinsi Bengkulu Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa untuk Maksimalkan Pengelolaan Dana Desa

Share it
Pemerintah Provinsi Bengkulu mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa di salah satu hotel di kawasan KM 6,5 Kota Bengkulu, Rabu (25/09/2024)(foto:Agus/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Dalam upaya mendukung pembangunan nasional yang melibatkan seluruh lapisan pemerintahan, mulai dari pusat hingga desa, Pemerintah Provinsi Bengkulu mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan dana desa dan meningkatkan kualitas layanan pemerintahan di tingkat desa.

Asisten II Setda Bengkulu Bidang Perekonomian, Raden Ahmad Denni, yang menjadi narasumber dalam acara ini, menjelaskan bahwa pembangunan nasional bertujuan menciptakan masyarakat yang adil dan makmur dengan fokus pada pembangunan manusia secara menyeluruh. Salah satu strategi untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui peningkatan kapasitas aparatur desa.

“Salah satu strategi meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola dana desa adalah melalui pelatihan seperti ini,” ujar Denni saat memberikan materi dalam pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa Tahun Anggaran 2024 yang berlangsung di salah satu hotel di kawasan KM 6,5 Kota Bengkulu, Rabu (25/9).

Denni menekankan bahwa peningkatan kapasitas aparatur desa harus menjadi prioritas bagi pemerintah daerah. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, organisasi desa dapat berfungsi lebih optimal dan langkah-langkah yang diambil akan lebih tepat sasaran dalam memaksimalkan pemanfaatan dana desa.

“Yang terpenting adalah memilih tim pelaksana yang dapat bekerja konsisten dan amanah. Dengan demikian, dana desa benar-benar dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi,” tambahnya.

Didi, salah satu perangkat desa Padang Petron, Kecamatan Kaur Selatan, Kabupaten Kaur, yang turut hadir dalam pelatihan ini, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat. Menurutnya, pelatihan ini mendorong aparatur desa untuk merencanakan program pembangunan yang lebih sesuai dengan potensi desa dan memperkuat pelayanan masyarakat.

“Program pelatihan ini membantu memastikan anggaran pendapatan dan belanja desa sejalan dengan rencana pembangunan yang disusun oleh pemerintah desa,” tutup Didi.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur desa di Provinsi Bengkulu, sehingga pengelolaan dana desa semakin efektif dan tepat guna, serta berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.(MC)

Pewarta : Agus

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *