Pemkot Bengkulu Lanjutkan Program Bedah Rumah, 23 Unit RTLH Dapat Perbaikan

Share it
Sebanyak 23 unit rumah menjadi sasaran program ini, dengan peletakan batu pertama dilakukan oleh Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, pada Kamis (12/09/2024)(foto:Robi/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Sellimburcaya.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) serta Pertanahan, kembali melanjutkan program bedah rumah atau perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada tahun 2024. Sebanyak 23 unit rumah menjadi sasaran program ini, dengan peletakan batu pertama dilakukan oleh Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, pada Kamis (12/9/2024) di rumah Asmidianti, salah satu penerima manfaat di Jalan Flamboyan, Kelurahan Kebun Kenanga.

Acara peletakan batu pertama dihadiri oleh sejumlah pejabat Kota Bengkulu, termasuk Pj Sekda Eko Agusrianto, Wakapolres, Kasdim 0407/Kota Bengkulu, Ketua DPRD Herimanto, anggota DPRD Vina Ledy, serta sejumlah staf ahli dan asisten Pemkot. Kadis Perkim Toni Harisman juga turut hadir bersama Kepala Bappeda Medy Pebriansyah, Camat Ratu Agung, dan Lurah Kebun Kenanga.

Dalam sambutannya, Arif Gunadi menekankan bahwa program bedah rumah ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakat agar mendapatkan tempat tinggal yang layak. Program ini didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024, hasil kerja sama antara Pemkot dan DPRD Kota Bengkulu.

“Walaupun bantuan bedah rumah tahun ini hanya sebesar Rp 20 juta per rumah, kami berharap dana tersebut dapat membantu bapak dan ibu untuk mendapatkan rumah yang layak huni,” ujar Arif Gunadi.

Toni Harisman menambahkan bahwa 23 unit rumah yang akan dibedah tersebar di 4 kecamatan dan 10 kelurahan. Bantuan ini bersifat stimulan dengan rincian Rp 17,5 juta untuk material dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang.

“Kami harap para penerima bantuan dapat ikut serta dalam pengerjaan rumah mereka, dan ke depannya bantuan ini dapat terus bertambah,” kata Toni.

Asmidianti, salah satu penerima manfaat, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pemkot, Pj Walikota, DPRD, serta Dinas Perkim.

“Saya sangat senang dan terharu. Sudah sejak 2019 saya mengajukan bantuan bedah rumah, dan alhamdulillah baru sekarang terealisasi. Terima kasih pak walikota, bapak ibu dewan, dan semua pihak yang membantu,” ujarnya dengan penuh haru.

Pewarta : Robi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *