BPS Kabupaten Kaur Gelar Pelatihan Petugas Lapangan Susenas MSBP dan Seruti Triwulan III 2024

Share it
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaur menggelar kegiatan Pelatihan Petugas Lapangan untuk Survei Sosial Ekonomi Nasional Modul Sosial Budaya & Pendidikan (Susenas MSBP) serta Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (Seruti) Triwulan III Tahun 2024(03/09/2024)(foto:Agus/Selimburcaya.com).

Kaur, Selimburcaya.com — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaur menggelar kegiatan Pelatihan Petugas Lapangan untuk Survei Sosial Ekonomi Nasional Modul Sosial Budaya & Pendidikan (Susenas MSBP) serta Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (Seruti) Triwulan III Tahun 2024. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan petugas yang akan melakukan pengumpulan data sosial dan ekonomi dari masyarakat secara langsung di lapangan.

Kepala BPS Kabupaten Kaur, Rudi Setiawan, ST, mengungkapkan bahwa Susenas adalah salah satu survei rutin yang dilakukan oleh BPS setiap tahun.

“Susenas mengumpulkan data yang berkaitan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat, termasuk kondisi demografi, kesehatan, pendidikan, fertilitas, Keluarga Berencana, perumahan, kemiskinan, dan lainnya. Data dari Susenas ini sangat penting dan telah digunakan secara luas sebagai bukti untuk perencanaan, monitoring, dan evaluasi program pembangunan pemerintah, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat,” jelas Rudi Setiawan.

Rudi juga menambahkan bahwa pelatihan ini diadakan di salah satu hotel di Kabupaten Kaur dan akan berlangsung selama tiga hari.

“Pelatihan ini diikuti oleh 21 peserta, yang terdiri dari instruktur nasional, petugas lapangan, dan panitia. Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Selain fokus pada Susenas, kegiatan ini juga terintegrasi dengan Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulan III (Seruti). Seruti bertujuan untuk mengumpulkan data sosial ekonomi rumah tangga secara triwulanan, termasuk informasi mengenai nilai dan pola pendapatan, pengeluaran konsumsi dan non-konsumsi, investasi, serta transaksi keuangan rumah tangga.

Rudi Setiawan menekankan pentingnya menjaga kualitas data yang dihasilkan dari survei-survei ini. Oleh karena itu, pelatihan yang diadakan tidak hanya membekali petugas dengan kompetensi teknis yang diperlukan, tetapi juga kemampuan non-teknis untuk menghadapi tantangan di lapangan.

“Pelaksanaan pendataan lapangan sendiri akan dilakukan sepanjang bulan September 2024,” tambahnya.

Dengan adanya pelatihan ini, BPS Kabupaten Kaur berharap dapat mengoptimalkan akurasi data yang dikumpulkan, yang nantinya akan bermanfaat bagi perencanaan dan pengambilan keputusan yang lebih baik, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kaur.

Pewarta : Agus

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *