Bupati Rejang Lebong Gelar Senam Bersama dan Sosialisasi Pencegahan Stunting di Desa Kampung Melayu

Share it
Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM, beserta istri, menghadiri acara senam bersama warga di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu (BU). Acara ini diawali dengan Senam Jantung Sehat, disusul oleh Senam Germas, dan Senam Rejang Lebong Bercahaya.(03/08/2024)(foto:Hafiz/Selimburcaya.com).

Rejang Lebong, Selimburcaya.com – Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM, beserta istri, menghadiri acara senam bersama warga di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu (BU). Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (2/8) pukul 08.00 WIB ini diadakan di lapangan depan Kantor Camat BU dan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Acara ini diawali dengan Senam Jantung Sehat, disusul oleh Senam Germas, dan Senam Rejang Lebong Bercahaya.

Selain Bupati, kegiatan ini juga diikuti oleh Kadis Kesehatan Dhendi Novianto Saputra, SKM, Camat BU Drs. Hantoni, MSi, ASN Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kampung Melayu, serta para Kades, kader Posyandu, pengurus dan anggota PKK, pelajar, mahasiswa IAIN yang sedang KKN, dan juga perwakilan dari Polsek serta KUA Bermani Ulu.

Setelah sesi senam, acara dilanjutkan dengan “Gerakan Cegah Stunting,” yang mencakup layanan kesehatan gratis yang disediakan oleh tim medis dan paramedis Puskesmas Kampung Melayu. Bupati Syamsul Effendi menekankan pentingnya pencegahan stunting sejak dini, terutama bagi remaja putri, calon pengantin, dan ibu hamil. Beliau menekankan pentingnya asupan gizi yang baik dan pemeriksaan rutin kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan perkembangan janin yang normal.

“Suami perlu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi. Bayi yang mendapat asupan gizi yang baik akan tumbuh sehat dan cerdas,” ujar Bupati Syamsul Effendi.

Beliau juga mengajak warga dan kader Posyandu untuk segera melaporkan jika menemukan anak yang berpotensi stunting, agar dapat segera ditangani.

Acara juga diwarnai dengan aksi minum pil tambah darah yang dilakukan oleh 10 pelajar putri SMPN 17 Kampung Melayu, disaksikan oleh bupati, Ketua TP PKK Ny. Hj. Hartini Syamsul Effendi, S.Sos, MSi, Kadis Kesehatan, dan camat.

Selain itu, para peserta mengikuti sesi kuis dengan pertanyaan seputar stunting, di mana peserta yang menjawab benar mendapatkan bingkisan menarik. Bupati Syamsul Effendi, Ny. Hj. Hartini, dan Camat BU Hantoni memberikan pertanyaan seputar definisi stunting, tujuan gerakan pangan bergizi, dan upaya penurunan stunting.

Acara diakhiri dengan penyerahan bingkisan kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi aktif mereka. Hadiah diserahkan langsung oleh bupati dan istri, Kadis Kesehatan, Camat, Kapolsek, dan Kepala KUA.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *