Pemkab Benteng Serahkan Fasilitasi Sarana Demplot Cabai dan Pelatihan Pertanian Total Organik

Share it
kegiatan seremonial penyerahan fasilitasi sarana demplot cabai dan pelatihan pertanian total organik berbasis MA 11 untuk komoditas cabai. Acara ini digelar oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu di GSG Desa Padang Ulak Tanjung, Kecamatan Talang Empat, pada Kamis (11/07/2024).(foto:Robi/Selimburcaya.com).

Bengkulu Tengah, Selimburcaya.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Gunawan R, S.E., M.M., menghadiri kegiatan seremonial penyerahan fasilitasi sarana demplot cabai dan pelatihan pertanian total organik berbasis MA 11 untuk komoditas cabai. Acara ini digelar oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu di GSG Desa Padang Ulak Tanjung, Kecamatan Talang Empat, pada Kamis (11/7/2024).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Deputi Direktur Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana. Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan Dinas Pertanian Bengkulu Tengah, perwakilan camat, kepala desa, serta PPL pertanian di lingkup Kecamatan Talang Empat.

Dalam sambutannya, Deputi Direktur BI Bengkulu, Darjana, menyampaikan bahwa program ini merupakan bagian dari upaya mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). Kantor Perwakilan BI Provinsi Bengkulu melaksanakan program implementasi kebijakan ekonomi dan keuangan daerah (PI-KEKDA) pada Kelompok Tani Bina Sejahtera di Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Sebanyak 1 hektar lahan, kami memberikan bantuan sarana demplot pertanian total organik berbasis MA 11 untuk komoditas cabai. Diharapkan bantuan ini dapat memberikan gambaran atas produk yang akan dihasilkan dengan baik yang berguna dalam menekan pengendalian inflasi, khususnya pada komoditas cabai. Selain itu, kita bersama pemerintah daerah akan selalu bersinergi dalam mendukung perkembangan perekonomian di Indonesia,” jelas Darjana.

Sementara itu, Gunawan R menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kantor Perwakilan BI Provinsi Bengkulu yang telah mendukung dan bersama-sama menjalankan program pengendalian inflasi nasional untuk kepentingan ekonomi di daerah maupun seluruh Indonesia.

“Saya berharap kepada kelompok tani yang menerima bantuan ini dapat memanfaatkannya dengan baik serta melakukan yang terbaik sehingga membuahkan hasil yang kita bersama inginkan. Pemerintah daerah juga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan kepada kelompok tani di Kabupaten Bengkulu Tengah oleh Kantor Perwakilan BI Bengkulu. Semoga dengan adanya kerja sama ini akan selalu memberikan peningkatan perekonomian bagi masyarakat di Indonesia,” ungkap Gunawan.

Setelah acara pembukaan resmi, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sarana demplot pertanian total organik berbasis MA 11 untuk komoditas cabai secara simbolis kepada Kelompok Tani Bina Sejahtera. Selanjutnya, acara diisi dengan sesi capacity building oleh pemateri hingga selesai.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para petani cabai di Kabupaten Bengkulu Tengah. Dengan adanya fasilitasi dan pelatihan ini, para petani diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi cabai mereka, sehingga dapat berkontribusi dalam pengendalian inflasi pangan dan meningkatkan perekonomian daerah.

Pewarta : Robi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *