Cuaca Ekstrem di Kota Bengkulu: Pohon Tumbang di Berbagai Lokasi

Share it
Cuaca ekstrem yang melanda Kota Bengkulu menyebabkan banyak pohon tumbang di berbagai sudut kota. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, Riduan, turun langsung ke lokasi untuk mendampingi tim yang mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang.(06/07/2024)(foto: Hafiz/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Cuaca ekstrem yang melanda Kota Bengkulu menyebabkan banyak pohon tumbang di berbagai sudut kota. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, Riduan, turun langsung ke lokasi untuk mendampingi tim yang mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang.

“Tim pertamanan LH langsung berpencar dan mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang, seperti di Jalan Sadang, Kelurahan Lingkar Barat, menggunakan chainsaw dan peralatan lainnya,” ungkap Riduan.

Riduan juga mengingatkan seluruh warga agar berhati-hati karena cuaca ekstrem diprediksi akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. “Kami meminta warga agar berhati-hati. Tak hanya pohon besar, pohon kecil pun banyak yang tumbang,” jelasnya.

Sebelumnya, Riduan menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemangkasan dan perawatan pohon sejak bulan Januari sebagai bagian dari mitigasi risiko. Fokus DLH Kota Bengkulu saat ini adalah memangkas pohon yang telah mencapai ketinggian tertentu dan berpotensi membahayakan.

Pemangkasan juga dilakukan dengan mempertimbangkan usia pohon, karena sebagian besar pohon rawan tumbang berada di dekat pemukiman warga dan tepian jalan. Pihaknya hanya melakukan pemangkasan dan perawatan pohon, bukan penebangan.

DLH Kota Bengkulu mengimbau seluruh masyarakat untuk melaporkan ke DLH jika terdapat pohon milik pemerintah daerah yang berpotensi tumbang. “Kami siap merespons laporan dari masyarakat untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan warga,” tutup Riduan.

Dengan tindakan cepat dari DLH Kota Bengkulu, diharapkan dampak cuaca ekstrem dapat diminimalkan dan warga tetap merasa aman. Tim DLH terus siaga di lapangan untuk mengantisipasi kejadian pohon tumbang yang mungkin terjadi selama cuaca ekstrem berlangsung.

Pewarta : Robi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *