Sultan Bachtiar Najamudin Terpilih sebagai Ketua DPD RI Periode 2024-2029

Share it
Sultan Bachtiar Najamudin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia periode 2024-2029 dalam rapat paripurna yang berlangsung hingga dini hari, Rabu (02/10/2024).(foto:HAfiz/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Sultan Bachtiar Najamudin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia periode 2024-2029 dalam rapat paripurna yang berlangsung hingga dini hari, Rabu (02/10/2024). Pemilihan berjalan ketat dengan Sultan mengungguli rivalnya, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti.

Sultan bersama timnya yang terdiri dari Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung sebagai wakil ketua, berhasil meraih 95 suara dari total 151 senator. Sementara tim La Nyalla, yang beranggotakan Nono Sampono, Elviana, dan Andi Muhammad Ihsan, hanya mendapatkan 56 suara.

Rapat paripurna ini berlangsung dengan tensi tinggi, diwarnai puluhan interupsi dan perdebatan sengit antar anggota DPD RI. Bahkan, sempat terjadi cekcok antara Sultan dan La Nyalla sebelum pemungutan suara dimulai. Namun, ketegangan tersebut mereda setelah pemilihan berlangsung.

Dalam pemaparan visi dan misinya, Sultan mengungkapkan bahwa dirinya telah berdiskusi dengan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Presiden menekankan pentingnya sinergi antara DPD dan pemerintah untuk memperkuat fungsi legislasi, anggaran, dan representasi DPD di tingkat nasional.

“Saya merasa beruntung karena kami sempat berdiskusi panjang dengan Pak Prabowo. Beliau menekankan bahwa Indonesia sangat kaya, dan kita harus bersatu serta bekerja sama untuk membangun negara ini,” ujar Sultan.

Ia juga memberikan apresiasi kepada kepemimpinan La Nyalla selama ini, yang dinilainya telah membawa banyak kemajuan bagi DPD RI. Namun, Sultan optimis bahwa kepemimpinannya akan melanjutkan dan menyempurnakan pencapaian tersebut melalui pendekatan yang lebih kolaboratif dan inklusif.

Dengan terpilihnya Sultan Bachtiar Najamudin, diharapkan DPD RI semakin solid dalam memperjuangkan aspirasi daerah dan memperkuat peran lembaga ini dalam sistem pemerintahan Indonesia.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *