Bengkulu Selatan dan Kepahiang Terima Anggaran Inpres 1/2024 untuk Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi

Share it
Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kepahiang mendapat anggaran dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2024 (Inpres 1/2024) untuk pembangunan infrastruktur perpipaan air bersih, sambungan rumah (SR), dan sarana sanitasi (02/10/2024)(fot0:Hafiz/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kepahiang mendapat anggaran dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2024 (Inpres 1/2024) untuk pembangunan infrastruktur perpipaan air bersih, sambungan rumah (SR), dan sarana sanitasi.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu, Dendy Kurniadi, menyampaikan bahwa Inpres 1/2024 mengatur percepatan penyediaan air minum dan pengelolaan air limbah domestik yang ditargetkan selesai secara nasional pada akhir tahun 2024. Dari alokasi tersebut, hanya Kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Selatan yang mendapatkan dukungan anggaran untuk Provinsi Bengkulu.

Kabupaten Kepahiang menerima anggaran Rp1,38 miliar untuk pembangunan pipa sepanjang 6.335 meter dan 287 sambungan rumah. Sementara itu, Kabupaten Bengkulu Selatan mendapatkan Rp48 miliar untuk pembangunan sarana sanitasi, termasuk 2.201 unit bangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) dan Empty Septic Tank.

“Dinamika penganggaran ini mendukung dua kabupaten di Bengkulu dengan fokus pada pengelolaan air bersih dan sanitasi,” kata Dendy saat acara Kick Off Meeting Pelaksanaan Inpres 1/2024 di Bengkulu, Rabu (2/10).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, menyambut baik alokasi hibah tersebut, yang diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi di masyarakat, khususnya di Bengkulu Selatan dan Kepahiang.

“Program ini sangat membantu, terutama karena Provinsi Bengkulu masih belum mencapai cakupan air bersih dan sanitasi yang optimal,” ujar Isnan.

Ia menambahkan bahwa melalui Focus Group Discussion (FGD) mendatang, semua pihak perlu membahas peran masing-masing dalam melaksanakan program ini agar tujuannya dapat tercapai.

“Tidak hanya membangun infrastruktur, tetapi juga mengubah perilaku masyarakat dalam menggunakan air bersih dan fasilitas sanitasi,” tambah Isnan.

Pada acara tersebut, Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid dan Pjs Bupati Bengkulu Selatan Sisardi menandatangani dokumen kesediaan menerima hibah Barang Milik Negara (BMN) dari pemerintah pusat.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *