Penutupan TMMD Ke-120 Tahun 2024: Sekda BU Apresiasi Pembangunan Infrastruktur dan Sosial

Share it
Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dihadiri Sekretaris Daerah, H. Fitriyansyah, S.STP., M.M., menghadiri penutupan TMMD Ke-120 Tahun 2024, di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Ketahun, Jumat (07/06/2024).(foto:Robi/Selimburcaya.com).

Bengkulu Utara, Selimburcaya.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Sekretaris Daerah, H. Fitriyansyah, S.STP., M.M., menghadiri upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 Tahun 2024 di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Ketahun. Upacara tersebut dipimpin oleh Danrem 041/GAMAS Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen selaku inspektur upacara, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat Forkopimda, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, serta para undangan.

TMMD yang berlangsung selama 30 hari, dari 8 Mei hingga 6 Juni 2024, mengusung tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah.” Penutupan TMMD Ke-120 Kodim 0423/BU di Desa Bukit Tinggi ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan Naskah Hasil TMMD dari Kodim 0423/BU kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, dilanjutkan dengan penanggalan tanda peserta TMMD oleh Danrem 041/Gamas.

Dalam laporan hasil pekerjaan TMMD, dinyatakan bahwa seluruh proyek pembangunan telah selesai 100 persen. Pembangunan fisik mencakup pembukaan badan jalan sepanjang 3 km, pengoralan dan pengerasan jalan sepanjang 3 km, pembangunan jalan rabat beton, pembangunan sumur bor di satu titik, rehabilitasi satu unit posyandu, pembangunan dua unit rumah tidak layak huni, serta pembangunan tugu prasasti.

“Kami berharap pembangunan lewat TMMD dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar perwakilan Kodim 0423 Bengkulu Utara.

Selain pembangunan fisik, TMMD juga mencakup kegiatan non-fisik seperti donor darah, sunatan massal, pengobatan massal, pembagian sembako, serta berbagai penyuluhan yang bertujuan membangun karakter masyarakat dan pemuda, seperti bela negara, wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum, pertanian, kamtibmas, dan acara nonton bareng film perjuangan.

Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen, dalam amanat Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Mohamad Naudi Nurdika, menyampaikan bahwa kegiatan TMMD dilaksanakan serentak di lima kabupaten, termasuk Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, dan Kabupaten Muara Enim. Program ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah mempercepat akselerasi pembangunan, terutama infrastruktur, guna membuka daerah terisolir dan tertinggal, meningkatkan kesehatan masyarakat, serta memperkuat pertahanan dan kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Program TMMD ke-120 Tahun 2024 ini selaras dengan tema yang diangkat, yaitu Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah,” jelas Danrem.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, H. Fitriyansyah, S.STP., M.M., yang mewakili Bupati Bengkulu Utara, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Kodim 0423 BU.

“Ini merupakan perjuangan kita bersama. Kegiatan TMMD ini sangat membantu pemerintah daerah, dan kita berharap program-program yang telah dilaksanakan terus berlanjut untuk mensejahterakan masyarakat. Semoga jalan sepanjang 3 kilometer dan program-program TMMD ke-120 yang telah dilaksanakan segera dilanjutkan pembangunannya di tahun depan, dan dengan adanya pembangunan infrastruktur ini, perekonomian masyarakat Desa Bukit Tinggi bisa meningkat,” tutupnya.

Pewarta : Robi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *