metropolis 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Adakan Program Seminar Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2022

Share it

SC- Bengkulu. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. MeriSasdi, M.Pd membuka acara Peer Learning Meeting Provinsi dengan tema Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2022 bertempat di Hotel Mercure Kota Bengkulu. (Selasa, 2/8/2022)

Acara yang di selenggarakan oleh Konsultan Perpustakaan Nasional RI mulai tanggal 1-4 Agustus 2022, yang dihadiri oleh Perpustakaan Provinsi Bengkulu, Perpustakaan Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu dan Perpustakaan Desa, berjumlah 15 Peserta.

Kepala Dinas menyampaikan dalam sambutannya bahwa saat ini kita memiliki program pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan program yang sangat luar biasa yaitu 1 (satu) desa 1 (satu) perpustakaan, dan telah berjalan dengan baik serta memberikan dampak positif untuk masyarakat Bengkulu.

Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial merupakan Perpustakaan yang dapat memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan untuk berusaha, melindungi dan memperjuangkan budaya dan Hak Asasi Manusia.

Dalam amanat UU No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan dan UU No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah serta PP No. 18 Tahun 2006 tentang organisasi perangkat daerah disebutkan bahwa Perpustakaan di tetapkan sebagai urusan wajib non pelayanan dasar, untuk menyediakan layanan yang sesuai dengan kemajuan teknologi infotmasi dan komunikasi dan kebutuhan masyarakat.

Gubernur Bengkulu sangat merespon terhadap perkembangan perpustakaan di daerah dengan dukungan saat ini telah ada beberapa regulasi sebagai payung pengembangan perpustakaan di daerah. yaitu Pergub No. 30 Tahun 2019 tentang Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Pergub No. 43 Tahun 2019 Tentang Pengembangan Perpustakaan di Provinsi Bnegkulu, dan Pergub No. 44 Tahun 2019 tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca. tambah Meri Sasdi

Semoga Program ini terus berkelanjutan dankesinambungan, karena kegiatan ini nyata untuk mmemberikan konstribusi yang luar biasa kepada bangsa.Herizon

Related posts

Leave a Comment