Nama Ketua Fraksi DPRD Seluma Resmi Diumumkan, Rapat Paripurna Akan Digelar Pekan Depan

Share it
Nama Ketua Fraksi DPRD Seluma Resmi Diumumkan, Rapat Paripurna Akan Digelar Pekan Depan(10/09/2024)(foto:Agus/Selimburcaya.com).

Seluma, Selimburcaya.com – Setelah terbentuknya delapan fraksi dari 11 partai politik (parpol) yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seluma pada pekan lalu, pada Selasa siang (10/9/2024), nama-nama ketua dari masing-masing fraksi akhirnya diumumkan.

Delapan fraksi tersebut terdiri dari lima fraksi penuh dan tiga fraksi gabungan. Berikut rincian nama ketua dari masing-masing fraksi penuh: Ketua Fraksi PPP, Suhardi Edi Prasetyo; Ketua Fraksi Golkar, Yulian Iswandi; Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Nofi Eriyan Andesca; Ketua Fraksi PKS, Hj. Yusnaini; serta Ketua Fraksi PAN, Hendri Satrio.

Adapun ketua fraksi gabungan adalah Ketua Fraksi Nasdem (Partai Nasdem dan Partai Demokrat), Iwan Harjo; Ketua Fraksi Gerindo (Partai Gerindra dan Partai Perindo), Neri Gustiani; dan Ketua Fraksi Gerbang (Partai Gelora dan Partai PKB), Rahmadansyah.

Plt. Ketua DPRD Seluma, Suhandi, S.Sos, didampingi Plt. Wakil Ketua DPRD Seluma, Samsul Aswajar, S.Sos, mengonfirmasi hal tersebut.

“Alhamdulillah, susunan nama fraksi beserta ketua dan pengurusnya sudah terbentuk. Jumlahnya sama dengan periode lalu, yakni delapan fraksi yang terdiri dari lima fraksi penuh dan tiga fraksi gabungan parpol,” terang Samsul Aswajar.

Samsul menambahkan bahwa DPRD Seluma akan menggelar rapat pada Selasa (17/9/2024) untuk membahas rapat paripurna yang mengumumkan nama fraksi beserta pengurusnya. Rapat paripurna bersifat internal dan dijadwalkan berlangsung pada Rabu (18/9/2024).

“Nanti nama-nama tersebut akan diresmikan melalui rapat paripurna internal yang akan dilakukan pada Rabu pekan depan,” ungkap Samsul.

Selain itu, Plt. Ketua DPRD Seluma, Suhandi, menginformasikan bahwa 30 anggota DPRD Seluma periode 2024-2029 akan segera menjalani masa orientasi. Orientasi ini dinilai penting untuk memperkuat pemahaman tugas pokok dan fungsi (tupoksi) anggota DPRD dalam menjalankan fungsi legislatif.

Masa orientasi akan berlangsung di Hotel Mercure, Kota Bengkulu, jika tidak ada perubahan. Kegiatan ini dijadwalkan selama lima hari, dari Senin (23/9/2024) hingga Jumat (27/9/2024). “Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dewan yang baru dilantik harus mengikuti masa orientasi selama lima hari. Lokasinya di Hotel Mercure,” jelas Suhandi.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bengkulu akan bertanggung jawab atas pelaksanaan orientasi ini. Materi yang akan disampaikan antara lain wawasan kebangsaan, tata tertib, serta tugas pokok dan fungsi DPRD. Pemateri akan diisi oleh Widyaiswara dari BPSDM Provinsi Bengkulu, Kemendagri, dan kemungkinan dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI serta lembaga lainnya.

“Masa orientasi ini sangat diperlukan agar anggota DPRD Seluma dapat lebih matang dalam menjalankan tugasnya, sehingga mampu bertindak secara tepat dan minim kesalahan,” tutup Suhandi.

Pewarta : Agus

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *