Pembangunan Jalan Rabat Beton di Desa Durian Daun Dorong Perluasan Pemukiman dan Pertumbuhan Ekonomi

Share it
Pemerintah Desa (Pemdes) Durian Daun, Kecamatan Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, yang dipimpin oleh Lilis Susianto, telah melaksanakan pembangunan jalan rabat beton Rabu (21/08/2024)(foto:Agus/Selimburcaya.com).

Bengkulu Utara, Selimburcaya.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Durian Daun, Kecamatan Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, yang dipimpin oleh Lilis Susianto, telah melaksanakan pembangunan jalan rabat beton dengan tujuan untuk mendukung perluasan desa dan pembangunan pemukiman masyarakat. Pembangunan ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal, serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi warga.

Kepala Desa Durian Daun, Lilis Susianto, melalui Sekretaris Desa Andri Susanto, menjelaskan bahwa proyek ini dilaksanakan dengan mempertimbangkan kebutuhan pengembangan permukiman penduduk yang terus bertambah.

“Jumlah penduduk Desa Durian Daun saat ini telah mencapai 673 jiwa. Oleh karena itu, persiapan pengembangan permukiman penduduk harus dimulai dengan pembangunan infrastruktur yang memadai. Jalan rabat beton yang kami bangun ini memiliki volume sesuai dengan kemampuan anggaran, yang mengacu pada stabilitas perekonomian masyarakat dan anggaran Dana Desa tahun ini,” ungkap Lilis Susianto.(21/08)

Proyek pembangunan jalan rabat beton ini memiliki panjang 142 meter dengan nilai anggaran lebih dari Rp. 83 juta. Dana untuk proyek ini berasal dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2024 dan dipergunakan untuk memfasilitasi perluasan pemukiman penduduk, yang diharapkan akan memacu pertumbuhan ekonomi di Desa Durian Daun.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Durian Daun, Mulhakim, juga menyatakan dukungannya terhadap proyek ini.

“Rencana pembangunan jalan rabat beton untuk perluasan pemukiman warga ini sudah selayaknya kita lakukan sekarang, mengingat harga kaplingan di sepanjang jalan poros desa sangat sulit dijangkau oleh warga yang ekonominya menengah ke bawah. Alhamdulillah, pembangunan ini telah selesai dikerjakan dengan cara swakelola,” ujar Mulhakim.

Pembangunan jalan rabat beton ini merupakan langkah strategis Pemdes Durian Daun dalam mendukung perkembangan desa, yang tidak hanya memberikan manfaat langsung berupa akses jalan yang lebih baik, tetapi juga mendorong perluasan pemukiman yang pada akhirnya akan memperkuat perekonomian masyarakat setempat.

Pewarta : Agus

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *