Suasana Kemerdekaan di Lapas Bengkulu: 1.938 Narapidana Terima Remisi HUT ke-79 RI

Share it
Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia menjadi momen penuh kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk bagi para narapidana dan warga binaan di Lapas Bengkulu. Pada Sabtu (17/08/2024)(foto: Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia menjadi momen penuh kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk bagi para narapidana dan warga binaan di Lapas Bengkulu. Pada Sabtu (17/8), suasana haru dan suka cita terasa di Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu ketika Gubernur Rohidin Mersyah, didampingi oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu Santosa dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Teguh Wibowo, menyerahkan SK remisi umum kepada delapan perwakilan narapidana dan warga binaan.

Dalam sambutannya, Gubernur Rohidin menyampaikan harapan agar para narapidana yang menerima remisi dapat mengubah diri dan kembali ke masyarakat dengan membawa perubahan positif.

“Pesan saya satu, berubah. Pulanglah ke keluarga dengan penuh cinta, dan terapkanlah apa yang telah dipelajari di rumah binaan kepada masyarakat, baik itu kemampuan maupun program pembinaan yang telah dijalani,” ujar Rohidin.

Dari delapan perwakilan yang menerima SK Remisi Umum, mereka terdiri dari dua orang narapidana dari Lapas Kelas IIB Bengkulu, dua orang dari Lapas Perempuan, dua orang dari LPKA, dan dua orang dari Rutan Bengkulu.

Setelah prosesi penyerahan SK remisi, Gubernur Rohidin menyempatkan diri untuk mengunjungi dua orang tahanan yang sedang mengasuh anaknya dan satu orang tahanan ibu hamil. Dalam kunjungan tersebut, Rohidin memberikan bantuan serta motivasi hidup.

“Pokoknya semangat untuk ibu. Apapun yang terjadi, lupakanlah dan berubahlah untuk masa depan. Semoga anak kita ini nantinya dapat membawa harum nama keluarga,” kata Rohidin.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Bengkulu, Teguh Wibowo, menambahkan bahwa pada HUT ke-79 RI ini, sebanyak 1.938 narapidana dan warga binaan dari seluruh Rutan dan Lapas di Bengkulu mendapatkan remisi.

“Untuk tahun ini, dari seluruh Rutan dan Lapas di Bengkulu, ada 1.938 narapidana dan warga binaan yang menerima remisi pada HUT ke-79 RI ini,” tutupnya.

Suasana kemerdekaan di Lapas Bengkulu ini menjadi momen penting, tidak hanya bagi para narapidana yang mendapat remisi, tetapi juga bagi seluruh masyarakat yang menyaksikan upaya mereka untuk berubah dan kembali berkontribusi positif di masyarakat.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *