Pemdes Padang Sepan Pasang Stiker pada Rumah Penerima PKH untuk Edukasi Masyarakat

Share it
Pemerintah Desa (Pemdes) Padang Sepan, Kecamatan Tanjung Agung Palik, Kabupaten Bengkulu Utara, bersama Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara, melaksanakan pemasangan stiker pada rumah-rumah keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH).(31/07/2024)(foto:Yudi/Selimburcaya.com).

Bengkulu Utara, Selimburcaya.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Padang Sepan, Kecamatan Tanjung Agung Palik, Kabupaten Bengkulu Utara, bersama Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara, melaksanakan pemasangan stiker pada rumah-rumah keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Kegiatan ini merupakan bagian dari program pemerintah pusat tahun 2024 dan dilaksanakan pada 30 Juli 2024.

Kepala Desa Padang Sepan, Emron, menjelaskan bahwa tujuan dari pemasangan stiker ini adalah untuk mengedukasi masyarakat. Stiker ini menandakan rumah penerima PKH, yang merupakan bantuan yang ditujukan khusus bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Pemasangan stiker ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, sehingga bagi mereka yang merasa sudah mampu atau mengalami peningkatan ekonomi, dapat secara sukarela mengundurkan diri dari penerima PKH,” ujar Emron.

Emron menambahkan bahwa masyarakat yang tidak ingin rumahnya ditempeli stiker dapat memilih untuk mengundurkan diri dari program PKH, yang dikenal dengan istilah “graduasi mandiri.” Hal ini dilakukan atas dasar kesadaran sendiri karena merasa sudah tidak berhak menerima bantuan tersebut.

“Bagi penerima PKH yang tidak ingin rumahnya ditempeli stiker, mereka dapat mengundurkan diri secara sukarela, karena sudah merasa tidak berhak menerima bantuan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Emron menjelaskan bahwa penerima PKH akan dikeluarkan secara otomatis dari program jika tidak lagi memenuhi komponen syarat penerima bantuan, seperti tidak memiliki anak balita, anak sekolah, lansia, atau penyandang disabilitas.

“Jika penerima sudah tidak memenuhi syarat seperti tidak memiliki anak balita, anak sekolah, lansia, atau penyandang disabilitas, mereka akan otomatis dikeluarkan dari sistem tanpa perlu mengundurkan diri,” jelas Emron.

Kegiatan pemasangan stiker ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai tujuan dari program bantuan PKH dan mendorong mereka yang sudah mampu untuk memberikan kesempatan kepada yang lebih membutuhkan.

Pewarta : Yudi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *