Desa Sido Luhur Laksanakan Vaksinasi Jembrana untuk Ternak Sapi

Share it
Vaksinasi Jembrana dilakukan terhadap sekitar 50 ekor sapi Bali, Kegiatan ini didampingi oleh perangkat desa Sido Luhur dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada Selasa, (02/07/2024)(foto:Agus/Selimburcaya.com).

Bengkulu Utara, Selimburcaya.com – Dalam rangka pengendalian dan antisipasi penyakit Jembrana, Desa Sido Luhur bersama Vaksinator Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Bengkulu Utara melaksanakan vaksinasi hewan ternak sapi.

Vaksinasi Jembrana dilakukan terhadap sekitar 50 ekor sapi Bali. Petugas Vaksinator dari DTPHP Bengkulu Utara yang hadir adalah Salim, Desmon Siregar, Kasnadi, dan Hendrianto. Kegiatan ini didampingi oleh perangkat desa Sido Luhur dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada Selasa, 2 Juli 2024.

Kepala Desa Sido Luhur, Eko Sarmiyanto, ST, STP, menjelaskan bahwa mereka telah melakukan investigasi dan vaksinasi hewan ternak sapi sebanyak lebih kurang 50 ekor oleh petugas vaksinator dari DTPHP Bengkulu Utara.

“Dalam upaya penanganan penyakit Jembrana, petugas vaksinator dari DTPHP Bengkulu Utara telah melakukan tindakan antara lain pengobatan anti parasit, pemberian antibiotika, dan vitamin,” ujar Eko Sarmiyanto.

Eko menambahkan bahwa penyakit Jembrana sering terjadi, sehingga perlu diantisipasi dengan melakukan penyuntikan dan pemberian vitamin pada hewan ternak sapi di Desa Sido Luhur.

“Pemberian vaksin, antibiotik, vitamin, dan anti parasit dilakukan untuk mengantisipasi agar hewan ternak sapi tidak terkena penyakit Jembrana,” lanjutnya.

Selain itu, Eko mengimbau agar sapi Bali bebas wajib divaksin, sama halnya dengan sapi yang dikandangkan. Penyakit Jembrana disebabkan oleh virus (Genus Retrovirus) yang bersifat menular serta menyerang sistem kekebalan tubuh sapi Bali dari semua kelompok umur, baik jantan maupun betina.

“Kita harus memastikan sapi Bali kita bebas dari penyakit Jembrana dengan melakukan vaksinasi rutin,” pungkas Kades Eko Sarmiyanto.

Pewarta : Agus

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *