Lapas Kelas IIA Bengkulu Terima 15 Warga Binaan dari Lapas Curup

Share it
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkulu telah menerima 15 orang warga binaan dari Lapas Kelas IIA Curup (22/06/2024)(foto:Hafiz/selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkulu telah menerima 15 orang warga binaan dari Lapas Kelas IIA Curup. Pemindahan ini bertujuan untuk memaksimalkan program pembinaan yang dijalankan oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP) selama masa hukuman mereka.

“Hari ini kami menerima kembali warga binaan dari Lapas Curup sebanyak 15 orang,” kata Kalapas Bengkulu Yuniarto melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) Kelas IIA Bengkulu, Yulian Fernando.

Yulian menjelaskan bahwa pemindahan ini dilakukan untuk memastikan bahwa para warga binaan mendapatkan program pembinaan yang lebih optimal. Lapas berfungsi sebagai tempat untuk memberikan program pembinaan yang mencakup aspek kepribadian dan kemandirian bagi para warga binaan.

“Kami memberikan pengarahan dan informasi terkait hak dan kewajiban warga binaan agar pembinaan berjalan lancar, aman, dan kondusif,” ucap Yulian.

Setelah masuk ke Lapas Bengkulu, para warga binaan diberikan pengarahan mengenai hak dan kewajiban mereka. Proses penerimaan ini berlangsung aman dan kondusif. Mutasi warga binaan dari Lapas Curup ke Lapas Bengkulu ini merupakan bagian dari proses pembinaan lanjutan.

Setibanya di Lapas Kelas IIA Bengkulu, barang dan badan warga binaan langsung digeledah oleh petugas pengamanan di P2U. Kemudian, Kasubsi Registrasi dibantu oleh staf registrasi melakukan pengecekan ulang kelengkapan berkas warga binaan.

Selanjutnya, proses pengregistrasian warga binaan baru dilakukan sesuai dengan SOP penerimaan narapidana baru, termasuk pemeriksaan kesehatan oleh petugas poliklinik Lapas. Setelah semua proses selesai dan berkas lengkap, Kasubsi Registrasi Lapas Kelas IIA Bengkulu, Best Victor Fasharoza, secara resmi menandatangani berita acara serah terima narapidana.

Sebelum dimasukkan ke kamar hunian, 15 orang warga binaan tersebut mendapatkan pengarahan khusus dari Kepala KPLP Lapas Bengkulu. Pelaksanaan penerimaan pemindahan ini berlangsung dengan tertib dan aman.

Pemindahan warga binaan ini diharapkan dapat memberikan efek positif bagi pelaksanaan program pembinaan di Lapas Kelas IIA Bengkulu. Dengan fasilitas yang lebih lengkap dan program yang terstruktur, diharapkan para warga binaan dapat mengikuti pembinaan dengan baik sehingga dapat kembali ke masyarakat dengan bekal yang lebih baik.

Dengan demikian, Lapas Kelas IIA Bengkulu terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam proses pembinaan warga binaan, menjadikan mereka pribadi yang lebih baik dan siap kembali berintegrasi dengan masyarakat setelah menyelesaikan masa pidana mereka.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *