Pembagian Mesin Pompa Air untuk Kelompok Tani di Kabupaten Seluma

Share it
Pemerintah Kabupaten Seluma melalui Dinas Pertanian mengadakan pembagian mesin pompa air untuk kelompok tani yang tersebar di wilayah kabupaten. Acara pembagian yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Senin(03/06/2024)(foto:Robi/Selimburcaya.com).

Seluma, Selimburcaya.com – Pemerintah Kabupaten Seluma melalui Dinas Pertanian mengadakan pembagian mesin pompa air untuk kelompok tani yang tersebar di wilayah kabupaten. Acara pembagian yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Seluma ini memberikan mesin pompa air bermerk Kubota dengan kekuatan 8,5 pk dan menggunakan pipa berukuran 4 inci hingga 6 inci.

Kepala Dinas Pertanian, Arian Sosial, SP, M.Si, bersama Kabid PSP (Prasarana Pertanian), Rudi Hadianto, S.Pt, menjelaskan bahwa bantuan mesin pompa air ini bersumber dari Kementerian Pertanian RI melalui program “Pompasinasi Air Se-Indonesia.” Program ini bertujuan untuk mengairi sawah-sawah masyarakat, terutama mengingat daerah tersebut tahun lalu mengalami kekeringan akibat fenomena El NiƱo, yang menyebabkan air dari hulu tidak mencapai hilir, sehingga sawah-sawah petani mengalami kekeringan dan gagal panen.

“Instruksi dari Kementerian Pertanian turun ke daerah, dan Dinas Pertanian bekerjasama dengan Babinsa melakukan survei ke wilayah persawahan yang terdampak kekeringan atau kekurangan air. Hasil survei ini digunakan untuk menyalurkan bantuan mesin pompa air kepada kelompok tani yang membutuhkan. Saat ini, ada 26 unit mesin pompa air yang kami terima dan akan disalurkan secara gratis. Bagi kelompok yang belum menerima bantuan, kami akan mengusulkannya ke kementerian pusat,” terang Arian Sosial.

Erlan, Ketua Kelompok Tani Gumari dari Desa Argo Binangun, Kecamatan Ulu Talo, yang merupakan salah satu penerima bantuan mesin pompa air, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah atas bantuan tersebut. “Kami sangat berterima kasih sekali kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan ini. Mudah-mudahan dengan bantuan mesin pompa air ini, kami dapat mengaliri sawah kami selama musim kekeringan atau kemarau, sehingga tanaman padi kami tidak gagal panen. Harapan kami sebagai petani adalah agar pemerintah dapat lebih memperhatikan kami di masa depan,” ujar Erlan.

Pembagian mesin pompa air ini merupakan upaya nyata dari pemerintah untuk mendukung dan meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Seluma. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan para petani dapat lebih mudah mengatasi masalah kekurangan air, terutama di saat musim kemarau. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani dan mendorong pertumbuhan sektor pertanian di daerah tersebut.

Kegiatan ini juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan dukungan nyata kepada sektor pertanian, yang merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian daerah. Diharapkan, dengan adanya sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan para petani, masalah-masalah yang dihadapi oleh para petani dapat diatasi secara efektif dan efisien, sehingga kesejahteraan petani dapat meningkat dan ketahanan pangan daerah dapat terjaga.

Pewarta : Robi

Editor : Ardy

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *