Polsek Lebong Atas Edukasi Pelajar untuk Cegah Maraknya Geng Motor

Share it
Polsek Lebong Atas memberikan edukasi kepada pelajar di wilayahnya. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah kunjungan ke SMAN 5 Lebong(05/10/2024)(foto:Robi/Selimburcaya.com).

Lebong, Selimburcaya.com – Maraknya aksi geng motor yang meresahkan di Kota Bengkulu turut menjadi perhatian Polres Lebong. Sebagai langkah pencegahan, Polsek Lebong Atas memberikan edukasi kepada pelajar di wilayahnya. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah kunjungan ke SMAN 5 Lebong, di mana Kapolsek Lebong Atas, Iptu Nur Huda, SH, MH, memberikan himbauan dan pesan keamanan serta ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kepada para pelajar.

Dalam kunjungannya, Iptu Nur Huda menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengantisipasi munculnya aktivitas geng motor di Kabupaten Lebong.

“Kegiatan ini sebagai bentuk antisipasi agar aktivitas geng motor yang marak di Kota Bengkulu tidak menjalar ke Lebong. Oleh karena itu, kami memberikan himbauan langsung kepada para pelajar di sekolah,” kata Nur Huda.

Selain memberikan himbauan, Polsek Lebong Atas juga menyampaikan beberapa poin penting kepada pihak sekolah. Pertama, pihak sekolah diimbau untuk lebih tegas dalam mengawasi murid-murid dan segera melaporkan jika ada perilaku mencurigakan. Kedua, peran orang tua dalam pengawasan anak-anak mereka harus ditingkatkan, karena pengawasan guru terbatas hanya di lingkungan sekolah.

Ketiga, sekolah disarankan untuk memberikan teguran atau sanksi kepada murid yang sering membolos sebagai langkah pencegahan kenakalan remaja.

“Kami juga menyarankan pihak sekolah untuk melakukan pemeriksaan barang bawaan murid guna mencegah adanya benda-benda terlarang, seperti senjata tajam, yang bisa memicu tindakan kriminal,” tambah Nur Huda.

Langkah ini merupakan deteksi dini yang bertujuan untuk mencegah berkembangnya geng motor dan perilaku menyimpang lainnya di kalangan pelajar di Kabupaten Lebong. Polsek Lebong Atas juga menegaskan akan rutin melakukan patroli untuk menjaga ketertiban dan keamanan di wilayahnya.

“Kami mengimbau kepada para pelajar agar tidak terlibat atau mengikuti aktivitas geng motor yang sudah sangat meresahkan. Kami juga akan rutin melakukan patroli dan menindak tegas jika ada yang terlibat dalam aktivitas tersebut,” pungkas Nur Huda.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Polsek Lebong Atas untuk menjaga keamanan, terutama di kalangan pelajar, demi terciptanya lingkungan yang kondusif di Kabupaten Lebong.

Pewarta : Robi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *