Pemkot Bengkulu Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

Share it
Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 di halaman Pendopo Merah Putih.(01/10/2024)(foto:Agus/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 di halaman Pendopo Merah Putih. Upacara yang berlangsung khidmat ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, selaku inspektur upacara. Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Bengkulu, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Penyelenggaraan upacara ini didasarkan pada surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 23224/MPK.F/TU.02.03/2024 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 dan Pedoman Penyelenggaraan Upacara tersebut.

Dalam sambutannya seusai upacara, Pj Walikota Arif Gunadi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan Pancasila sebagai landasan utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, Pancasila memiliki hierarki dan keterikatan yang luar biasa dari sila pertama hingga kelima, yang menjadi panduan bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pancasila adalah fondasi yang luar biasa bagi bangsa kita. Nilai-nilainya mengikat dari sila ke-1 hingga sila ke-5. Mari kita bulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, sehingga keutuhan NKRI terjaga dan keadilan bagi seluruh bangsa Indonesia dapat tercapai,” ujar Arif Gunadi.

Ia juga menambahkan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momen penting untuk memperkuat semangat kebangsaan. Sebelumnya, pada 30 September 2024, seluruh kantor instansi, pendidikan, serta masyarakat Kota Bengkulu mengibarkan bendera setengah tiang, dan pada 1 Oktober bendera dikibarkan satu tiang penuh mulai pukul 06.00 WIB.

Sebagai informasi, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga digelar secara nasional di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, dengan tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”.

Pewarta : Agus

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *