Seleksi PPPK 2024 di Provinsi Bengkulu Segera Dimulai, Pemprov Terima 600 Formasi

Share it
Pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 di seluruh pemerintah daerah Provinsi Bengkulu akan segera dimulai.(28/09/2024)(foto:Zoel/Selimburcaya.com)

Bengkulu, Selimburcaya.com – Pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 di seluruh pemerintah daerah Provinsi Bengkulu akan segera dimulai. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah menerima Petunjuk Teknis (Juknis) dan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI terkait pelaksanaan seleksi PPPK tersebut.

Juklak dan Juknis ini dicantumkan dalam surat BKN RI Nomor 6610/B-KS.04.01/SD/K/2024, yang mengatur jadwal seleksi PPPK untuk pelamar prioritas, seperti Pelamar Prioritas Guru, lulusan D-IV Bidan Pendidik tahun 2023, eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II), serta tenaga non-ASN yang terdata di Database BKN.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Gunawan Suryadi, S.Sos, MM, mengonfirmasi hal tersebut.

“Juklak dan Juknis sudah kita terima, dan seleksi akan dimulai pada Oktober ini,” jelasnya.

Menurut surat BKN tersebut, ada 18 tahapan pelaksanaan seleksi. Pengumuman seleksi dijadwalkan pada 30 September hingga 19 Oktober 2024, disusul pendaftaran peserta seleksi yang berlangsung 1-20 Oktober 2024. Selanjutnya, seleksi administrasi akan dilakukan pada 1-29 Oktober 2024, dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 30 Oktober hingga 1 November 2024. Masa sanggah bagi pelamar yang tidak lolos berlangsung dari 2 hingga 4 November 2024.

Seleksi kompetensi akan dimulai pada 2 hingga 19 Desember 2024, dengan pengumuman hasil kelulusan dijadwalkan pada 24 hingga 31 Desember 2024. Gunawan menambahkan bahwa Pemprov Bengkulu menerima 600 formasi PPPK tahun ini, yang terdiri dari 400 formasi tenaga pendidik, 100 formasi tenaga teknis, dan 100 formasi tenaga kesehatan.

“Total formasi PPPK yang diterima Provinsi Bengkulu adalah 600,” ujar Gunawan.

Sementara itu, BKPSDM Kabupaten Bengkulu Tengah juga telah menerima surat resmi dari BKN mengenai persiapan seleksi PPPK. Kepala BKPSDM Bengkulu Tengah, Apileslipi, S.Kom, M.Si, menyampaikan bahwa pihaknya tengah menyusun pengumuman penerimaan seleksi PPPK dan memastikan bahwa seleksi di Bengkulu Tengah akan segera dibuka.

Bengkulu Tengah mendapatkan kuota sebanyak 1.980 formasi, yang terdiri dari tenaga teknis, tenaga guru, dan tenaga kesehatan. Lipi juga mengingatkan tenaga honorer di Bengkulu Tengah untuk segera menyiapkan berkas pendaftaran PPPK. Meski kuota formasi diutamakan untuk tenaga honorer, tidak ada jaminan bahwa mereka akan otomatis lolos seleksi.

“Meskipun semua kuota untuk tenaga honorer, tetap harus melalui tahapan seleksi yang telah ditetapkan,” tegas Lipi.

Ia juga mengingatkan agar peserta mempersiapkan diri dengan baik, termasuk belajar dan memahami prosedur seleksi, serta tidak percaya pada oknum yang menjanjikan kelulusan.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *