Enam Jabatan Eselon II di Pemkab BS Bakal Kosong, Pengisian Plt Disiapkan

Share it
Dari total 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan (BS), enam di antaranya akan mengalami kekosongan pimpinan (10/09/2024)(f0to: Robi/Selimburcaya.com).

Bengkulu Selatan, Selimburcaya.com – Dari total 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan (BS), enam di antaranya akan mengalami kekosongan pimpinan. Hal ini disebabkan oleh sejumlah pejabat eselon II yang memasuki masa pensiun. Berdasarkan data yang diperoleh **Radar Kaur (RKa)** pada Selasa, 10 September 2024, keenam jabatan tersebut akan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) sementara hingga pengisian definitif dilakukan.

Pejabat eselon II yang akan pensiun terhitung sejak awal September 2024 hingga Januari 2025. Di antara mereka yang akan memasuki masa pensiun adalah Kepala Dinas Perpustakaan BS, Hj. Srigusti Sabana; Kepala Dinas Perhubungan BS, Alian, SH; Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi BS, Edi Siswanto; Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten BS, Aswan; dan Staf Ahli Setkab BS, Novman Ali.

Selain itu, jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS juga kosong karena pejabat sebelumnya, Novianto, S.Sos, M.Si, terkena non-job dari posisinya.

Kepala BKPSDM BS, H. Abdul Karim, S.Sos, melalui Kabid Pengadaan Informasi Mutasi dan Promosi (PIMP), Daniel Rudyanto, S.IP, M.Si, membenarkan bahwa enam jabatan eselon II tersebut akan segera kosong. Lima di antaranya karena pejabat memasuki masa pensiun, dan satu jabatan lagi kosong karena non-job.

“Lima pejabat akan pensiun tahun ini, tetapi baru efektif pada Januari tahun depan,” ujar Daniel.

Pemkab BS telah menyiapkan Pelaksana Tugas (Plt) dan Pelaksana Harian (Plh) untuk mengisi kekosongan sementara pada jabatan eselon II tersebut. Sementara untuk pengisian jabatan secara definitif, Pemkab harus melakukan lelang jabatan melalui seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). Namun, pelaksanaan seleksi tersebut masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam hal ini Bupati BS.

“Untuk sistem seleksi tetap terbuka, namun kami masih belum tahu apakah akan menunggu Bupati definitif atau lelang jabatan akan dilakukan tahun ini,” tambah Daniel.

Berdasarkan data dari BKPSDM BS, total Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki masa pensiun di BS tahun ini mencapai lebih dari 182 orang. Kekurangan ASN di Kabupaten BS diperkirakan mencapai lebih dari 800 orang, menurut laporan dari Bagian Ortala Sekretariat Setkab. Kekurangan ini diharapkan dapat segera diatasi dengan pengisian jabatan yang kosong.

Pewarta : Robi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *