Pembukaan Jalan Usaha Tani di Desa Air Tenang, Napal Putih, Wujudkan Program Ketahanan Pangan 2024

Share it
Program pembukaan akses Jalan Usaha Tani (JUT) ini dimulai pada 19 Agustus 2024, dengan pengerjaan yang melibatkan alat berat selama 10 hari kerja Senin (19/08/2024)(foto:Agus/Selimburcaya.com).

Bengkulu Utara, Selimburcaya.com – Pemerintah pusat terus mendorong program Ketahanan Pangan melalui alokasi Dana Desa di seluruh Indonesia. Menindaklanjuti instruksi ini, Pemerintah Desa Air Tenang, Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara, melaksanakan program wajib 20% untuk Ketahanan Pangan dari Dana Desa. Salah satu langkah konkrit yang diambil adalah pembukaan Jalan Usaha Tani (JUT) di desa tersebut.

Program pembukaan akses Jalan Usaha Tani (JUT) ini dimulai pada 19 Agustus 2024, dengan pengerjaan yang melibatkan alat berat selama 10 hari kerja. Akses jalan yang dibuka menghubungkan RT 1 hingga RT 2, melewati Dusun 1 hingga Dusun 2 yang berada dekat dengan kantor camat. Kondisi jalan yang sulit dan belum memadai menjadi latar belakang utama diprioritaskannya proyek ini, terutama karena daerah tersebut merupakan area perkebunan sawit yang subur dan luas.

Selama ini, jalan yang ada hanya berupa jalan setapak, sehingga menyulitkan para petani untuk mengangkut hasil pertanian serta membawa peralatan dan bahan pertanian seperti pupuk, air, traktor, dan cultivator. Dengan adanya pembukaan akses jalan ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan memudahkan distribusi hasil tani.

Kepala Desa Air Tenang menyatakan bahwa program pembukaan Jalan Usaha Tani ini merupakan impian seluruh warga yang sudah sejak lama diharapkan terealisasi.

“Ini adalah usulan lama dari masyarakat, namun baru tahun ini dapat direalisasikan berkat Dana Desa yang dialokasikan khusus untuk ketahanan pangan,” ujarnya.

Selain pembukaan Jalan Usaha Tani, kegiatan juga dilanjutkan dengan pembuatan kolam Ketahanan Pangan 2024 di Desa Air Tenang. Kolam ini diharapkan dapat mendukung program ketahanan pangan desa, seiring dengan peningkatan infrastruktur yang memadai.

Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian warga Desa Air Tenang, terutama dalam bidang pertanian, yang merupakan sumber penghidupan utama bagi sebagian besar masyarakat di desa tersebut.

Pewarta : Agus

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *