Polres Kaur Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral untuk Persiapan dan Pengamanan Pilkada 2024

Share it
Polres Kaur menggelar kegiatan Zoom Meeting Rapat Koordinasi lintas sektoral dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan dan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di wilayah hukum Polda Bengkulu, Jumat (09/08/2024)(foto:Hafiz/Selimburcaya.com).

Kaur, Selimburcaya.com – Polres Kaur menggelar kegiatan Zoom Meeting Rapat Koordinasi lintas sektoral dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan dan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di wilayah hukum Polda Bengkulu. Acara ini dihadiri oleh berbagai stakeholder dan instansi terkait, termasuk Kapolres Kaur AKBP Yuriko Fernanda, SH., S.I.K., M.Si, serta perwakilan dari Pabung, Pengadilan Kabupaten Kaur, Kejaksaan Negeri, KPU Kabupaten Kaur, dan Bawaslu. Pertemuan ini bertujuan untuk memaparkan kesiapan masing-masing pihak dalam menghadapi tahapan Pilkada 2024.

Salah satu fokus utama dalam pertemuan ini adalah antisipasi terhadap konflik dan ancaman yang mungkin muncul selama pelaksanaan Pilkada mendatang. Langkah-langkah pencegahan dan deteksi dini terhadap potensi gangguan, serta kesiapan mitigasi bencana, menjadi sorotan penting untuk memastikan kelancaran proses Pemilu.

Kapolres Kaur, AKBP Yuriko Fernanda, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan langkah-langkah pengamanan Pilkada Serentak 2024, baik dalam skenario kondusif maupun kontingensi. Netralitas Polri dalam kehidupan politik praktis, sesuai dengan UU No. 2 Tahun 2002 Pasal 8, juga ditekankan sebagai prinsip yang harus dijunjung tinggi oleh seluruh personel kepolisian.

Korem 041 GAMAS turut serta dalam perkuatan Operasi Pengamanan Pilkada 2024, menegaskan komitmen bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pelaksanaan Pemilu di wilayah Provinsi Bengkulu.

KPU Provinsi Bengkulu dan Bawaslu juga menunjukkan kesiapan mereka dalam mengawal setiap tahapan Pilkada, mulai dari pembentukan Panitia Badan Ad hoc hingga persiapan pendaftaran calon kepala daerah.

Dengan berakhirnya kegiatan Zoom Meeting ini, diharapkan semua pihak dapat bekerja sama secara sinergis untuk menciptakan situasi aman dan kondusif selama dan setelah pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Semua pihak diminta untuk tidak terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab demi kesuksesan bersama dalam melancarkan Pilkada di Provinsi Bengkulu.

Kesiapan dan koordinasi yang matang diharapkan mampu mengantarkan Pilkada Serentak 2024 berjalan dengan lancar, aman, dan damai, menciptakan proses demokrasi yang sehat dan berintegritas di wilayah hukum Polda Bengkulu.

Pewarta : Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *