Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online di Desa Sido Urip

Share it
Pemerintah Desa Sido Urip, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu mengadakan pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) online.Pelatihan ini berlangsung di Balai Desa Sido Urip pada hari Jumat, 28 Juni 2024.(28/06//2024)(foto:Yudi/Selimburcaya.com).

Bengkulu Utara, Selimburcaya.com – Pemerintah Desa Sido Urip, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu mengadakan pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) online. Acara ini dibuka langsung oleh Camat Kota Arga Makmur, Syafaruddin, S.St. Msi, dengan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bengkulu Utara, Fahmi, serta dihadiri oleh Babinsa dan peserta dari perangkat desa Sido Urip. Pelatihan ini berlangsung di Balai Desa Sido Urip pada hari Jumat, 28 Juni 2024.

Kepala Desa Sido Urip, Sukarnoto, menjelaskan bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) Transformasi Digital Sistem Keuangan Desa Online 2024 kembali digelar oleh Desa Sido Urip. Dalam kegiatan ini, dua narasumber menjelaskan tentang Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) online.

“Selain menjalankan amanah undang-undang, Siskeudes juga merupakan salah satu amanah dari MCP KPK, di mana dalam poin amanah tersebut salah satunya yang menjadi area intervensi pencegahan korupsi,” kata Sukarnoto.

Ia menambahkan bahwa tata kelola keuangan desa guna menjamin transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa diwajibkan menggunakan aplikasi Siskeudes berbasis online dengan server yang diletakkan pada server Pemerintah Daerah.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan perangkat desa dalam mengelola keuangan desa secara transparan dan akuntabel, serta meminimalisir potensi terjadinya korupsi melalui sistem yang terintegrasi secara online.

Pewarta : Yudi

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *