Pemkab Benteng Terima Kunjungan Silaturahmi LAM Jambi dan LAM Jambi Perwakilan Khusus DKI Jakarta

Share it
Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah menerima kunjungan silaturahmi dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi dan LAM Jambi Perwakilan Khusus DKI Jakarta di Pendopo Bukit Kandis, Kecamatan Karang Tinggi(15/06/2024).(foto:Hafiz/Selimburcaya.com).

Bengkulu Tengah, Selimburcaya.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah menerima kunjungan silaturahmi dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi dan LAM Jambi Perwakilan Khusus DKI Jakarta di Pendopo Bukit Kandis, Kecamatan Karang Tinggi. Acara berlangsung meriah dan penuh kekeluargaan.

Rombongan LAM Jambi Perwakilan Khusus DKI Jakarta yang dipimpin oleh Datuk Zainal Abidin IS, S.H., M.H., serta Ketua 9 LAM Provinsi Jambi Ariffudin Yasak, disambut hangat oleh Pj. Bupati Bengkulu Tengah Dr. Heriyandi Roni, M.Si., bersama Baginda Maharaja Sakti Dr. Ferry Ramli, S.H., M.H. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua BMA Provinsi Bengkulu, jajaran Forkopimda, Pj Ketua TP PKK, Ketua DWP, Ketua BMA Bengkulu Tengah, para asisten, staf ahli, beberapa Kepala OPD, serta masyarakat adat setempat.

Kedatangan rombongan LAM Jambi diiringi oleh Sarafal Anam dan disambut dengan tari persembahan khas Bengkulu, menambah semarak suasana silaturahmi.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Bengkulu Tengah, Dr. Heriyandi Roni, menyampaikan bahwa Bengkulu Tengah merupakan daerah multi-etnis dengan beragam suku. Moto “Maroba Kite Maju” mengajak semua lapisan masyarakat untuk memajukan daerah bersama-sama. “Dengan kedatangan LAM Jambi maupun LAM Jambi Perwakilan Khusus DKI Jakarta ini, diharapkan dapat terjalin sinergi dan kerja sama untuk saling tukar pengalaman dalam melestarikan adat dan budaya di masing-masing daerah,” ungkapnya.

Baginda Maharaja Sakti, Ferry Ramli, menyatakan rasa terima kasih kepada rombongan LAM Jambi atas kunjungan dan silaturahmi mereka. Ia menekankan pentingnya memperkaya wawasan melalui interaksi dengan lembaga adat dari luar daerah.

“Gelar Baginda Maharaja Sakti ini diberikan berdasarkan putusan BMA Kabupaten Bengkulu Tengah. Diharapkan dengan adanya silaturahmi ini, seluruh lembaga adat di Indonesia, khususnya Melayu, dapat saling memberikan masukan untuk menamakan nilai-nilai adat di daerahnya,” terangnya.

Ketua LAM Jambi Perwakilan DKI Jakarta, Datuk Zainal Abidin, menjelaskan bahwa tujuan kedatangan mereka adalah untuk bersilaturahmi dan mengenal lebih dalam budaya dan adat di Provinsi Bengkulu.

“Kami datang untuk bersilaturahmi dan saling mengenal dengan BMA di Provinsi Bengkulu maupun Kabupaten Bengkulu Tengah. Selain itu, kami ingin membahas kerja sama untuk meningkatkan kebudayaan dan adat,” jelasnya.

Acara tersebut juga diisi dengan pemaparan singkat dari Ketua BMA Provinsi Bengkulu dan Ketua BMA Kabupaten Bengkulu Tengah mengenai peradaban budaya serta adat yang ada di Bengkulu, termasuk silsilah berbagai suku di Kabupaten Bengkulu Tengah. Silaturahmi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan dan kerja sama antar lembaga adat di Indonesia.

Pewarta: Hafiz

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *