Penjabat Walikota Bengkulu Arif Gunadi Berkunjung ke Kantor Wilayah BPN Kota Bengkulu

Share it
Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, melakukan kunjungan resmi ke kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bengkulu dan bertemu langsung dengan Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Kota Bengkulu, Indera Imanuddin, pada Rabu (29/5/24)(foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu, Selimburcaya.com  – Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, melakukan kunjungan resmi ke kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bengkulu dan bertemu langsung dengan Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Kota Bengkulu, Indera Imanuddin, pada Rabu (29/5/24). Kunjungan ini dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi lainnya, yaitu Kepala BPKAD, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Plt Kepala Badan Kesbangpol.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan membahas beberapa agenda penting, salah satunya adalah kerjasama dalam upaya penyelamatan aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu. Dalam pertemuan tersebut, Arif Gunadi menyampaikan bahwa BPN memastikan aset lahan milik Pemkot akan disertifikatkan melalui kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2024 dengan anggaran yang akan disiapkan oleh Kementerian ATR/BPN.

“BPN memastikan aset lahan pemkot akan disertifikatkan melalui kegiatan PTSL tahun 2024 ini dan anggarannya akan disiapkan oleh Kementerian ATR/BPN. Tentunya ini sangat membantu pemkot dalam rangka penyelamatan aset,” ujar Arif Gunadi saat diwawancarai usai pertemuan dengan Kepala Kantor Wilayah.

Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Kota Bengkulu, Indera Imanuddin, mengonfirmasi hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memastikan seluruh aset milik Pemkot yang belum bersertifikat akan disertifikatkan melalui kegiatan PTSL tahun ini.

“Dalam rangka penyelamatan aset pemkot, kita pastikan nanti seluruh aset yang belum bersertifikat milik pemkot akan kita sertifikatkan melalui kegiatan PTSL 2024 ini dan anggarannya akan disiapkan oleh Kementerian ATR/BPN,” kata Indera.

Selain membahas penyelamatan aset, Indera menambahkan bahwa pertemuan tersebut juga mencakup pembahasan mengenai pemetaan kota lengkap di wilayah Pemkot Bengkulu. Hal ini menjadi salah satu fokus utama mereka, mengingat Kota Bengkulu termasuk dalam 104 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang ditunjuk sebagai kota lengkap tahun 2024.

“Intinya memang ada beberapa hal yang kita bahas, termasuk permintaan dukungan terkait pemetaan kota lengkap di Kota Bengkulu sebagai salah satu dari 104 kabupaten/kota seluruh Indonesia yang ditunjuk sebagai kota lengkap di tahun 2024 ini. Tentunya dukungan pemerintah kota sangat kita butuhkan untuk pelaksanaan kegiatannya,” jelas Indera.

Kunjungan Pj Walikota Bengkulu ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas tata kelola aset dan memperkuat kerjasama antara pemerintah daerah dengan instansi vertikal. Harapannya, dengan adanya kerjasama ini, aset-aset milik Pemkot Bengkulu dapat dikelola dengan lebih baik dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. Selain itu, langkah ini juga diharapkan dapat mempercepat proses sertifikasi lahan yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah pusat dan daerah.

Pewarta: Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *