Kolaborasi RSUD Bengkulu Tengah, BCA, P3DI, dan PERDAMI Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak

Share it
Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah melalui RSUD Kabupaten Bengkulu Tengah menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak yang bekerja sama dengan BCA, P3DI, dan PERDAMI. Acara ini berlangsung di Aula RSUD Bengkulu Tengah pada Jumat (24/05/2024).(foto:Zoel/Selimburcaya.com).

Bengkulu Tengah, Selimburcaya.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah melalui Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak yang bekerja sama dengan Bank Central Asia, Perempuan Peduli Pembangunan Daerah Indonesia, dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia Pusat. Acara ini berlangsung di Aula RSUD Bengkulu Tengah pada Jumat (24/05/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah Drs. Rachmat Riyanto, S.T., M.AP., Dandim 0407 Kota Bengkulu Letkol Inf. Widi Rahman, S.H., M.Si., Direktur RSUD Bengkulu Tengah dr. Heri Kurniawan, Direktur KCU BCA cabang Kota Bengkulu Agus Sutanto, Ketua Umum P3DI Dr. Sri Sundari, S.H., MM., CGCAE., Wakil Ketua PERDAMI dr. Rio Rendy, serta kepala OPD terkait dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya acara bakti sosial ini.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang luar biasa atas kolaborasi kita hari ini sehingga kita bisa melaksanakan acara bakti sosial operasi katarak di Kabupaten Bengkulu Tengah. Semoga semua operasi berjalan dengan lancar,” ujar Drs. Rachmat Riyanto.

Direktur KCU BCA cabang Kota Bengkulu Agus Sutanto dalam sambutannya menegaskan komitmen BCA dalam memberantas katarak di Indonesia.

“Berdasarkan Survey Rapid Assessment of Avoidable Blindness pada tahun 2014 hingga 2016 yang dilakukan oleh PERDAMI dan Kementerian Kesehatan Indonesia, kebutaan di Indonesia banyak disebabkan oleh katarak. Menanggapi situasi tersebut, BCA berkomitmen untuk memberantas katarak yang ada di Indonesia. Sejak tahun 2001, BCA telah rutin melaksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak,” ungkapnya.

Pada akhir acara, Direktur KCU BCA cabang Kota Bengkulu Agus Sutanto menyerahkan cinderamata kepada Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah Drs. Rachmat Riyanto sebagai bentuk apresiasi dan kenang-kenangan atas kerjasama yang telah terjalin.

Setelah seremonial selesai, para pejabat dan tamu undangan, termasuk Sekretaris Daerah, Direktur BCA, Direktur RSUD Bengkulu Tengah, Ketua PERDAMI, dan Ketua P3DI, melakukan kunjungan ke ruang operasi untuk menemui dan memberi semangat kepada pasien yang menjalani operasi katarak.

Kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam mengurangi angka kebutaan akibat katarak di Kabupaten Bengkulu Tengah. Dengan adanya sinergi antara pemerintah daerah, sektor swasta, dan organisasi non-pemerintah, diharapkan upaya kesehatan masyarakat dapat lebih optimal dan merata. Bakti sosial ini menjadi salah satu langkah nyata dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Pewarta : Zoel

Editor : Ardy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *